Search for collections on Undip Repository

SISTEM PENDETEKSI TEGANGAN LEBIH DAN KURANG PADA JARINGAN DISTRIBUSI TEGANGAN RENDAH 220V MENGGUNAKAN ATmega328 BERBASIS IoT (INTERNET OF THINGS) DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENGGUNAAN SEHARI HARI

Zulfan, Irfangi (2022) SISTEM PENDETEKSI TEGANGAN LEBIH DAN KURANG PADA JARINGAN DISTRIBUSI TEGANGAN RENDAH 220V MENGGUNAKAN ATmega328 BERBASIS IoT (INTERNET OF THINGS) DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENGGUNAAN SEHARI HARI. Diploma thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
TA_Zulfan Irfangi.docx - Submitted Version

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK
Energi listrik merupakan salah satu kebutuhan yang sangat penting bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari. Hampir seluruh pekerjaan manusia membutuhkan energi listrik. Adanya gangguan sistem tenaga listrik tidak hanya merugikan konsumen tetapi juga merugikan produsen tenaga listrik . Gangguan yang terjadi dapat berbagai macam antara lain adalah lonjakan atau penurunan tegangan listrik (over/under voltage). Dalam aturan distribusi tenaga listrik dijelaskan bahwa untuk under voltage yaitu -10% dari tegangan normal, sedangkan untuk over voltage yaitu +5% dari tegangan normal. Dengan adanya kemungkinan terjadinya under dan over voltage, maka besar kemungkinan akan adanya pengaruh terhadap besar KwH dan harga pemakaian listrik setiap harinya. Oleh karena itu diperlukan sistem pendeteksi yang dapat mendeteksi adanya under dan over voltage, serta dapat melakukan monitoring terhadap besar nilai dan biaya pemakaian daya secara realtime dari jarak dekat maupun jauh.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dan model pengembangan perangkat lunaknya menggunakan model simulasi. Sistem yang dirancang menggunakan controller arduino nano, dengan penggunaan sensor arus dan sensor tegangan sebagai pendeteksi arus dan tegangan saat proses pembebanan. Untuk membuat sistem monitoring secara jauh, digunakan IoT yang menggunakan jaringan Wi-Fi dalam melakukan komunikasi data antara smartphone dan alat yang dibuat penulis.
Dengan adanya alat ini, nilai arus dan tegangan dapat ter-monitoring secara realtime, dengan presentase kesalahan sebesar 0,365% dan 0,266%. Selain dapat ter-monitoring secara realtime, nilai arus dan tegangan dapat terpantau dari jarak jauh mealui media komunikasi data nodeMCU ESP8266, dengan kecepatan pengiriman data sebesar 0,616 detik untuk setiap data.
Kata kunci : sistem monitoring, under dan over voltage, IoT

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : sistem monitoring, under dan over voltage, IoT
Subjects: Engineering
Divisions: School of Vocation > Diploma in Electrical Engineering
Depositing User: Oktavia Perpus Vokasi
Date Deposited: 11 Aug 2023 04:45
Last Modified: 11 Aug 2023 04:45
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13053

Actions (login required)

View Item View Item