Search for collections on Undip Repository

RANCANG BANGUN PROTOTYPE KENDALI LAMPU PADA SMARTHOME SYSTEM DENGAN SUMBER DAYA SOLAR SEL BERBASISARDUINO MEGA 2560 DAN MONITORING APLIKASI BLYNK

Gian, Prayogo (2021) RANCANG BANGUN PROTOTYPE KENDALI LAMPU PADA SMARTHOME SYSTEM DENGAN SUMBER DAYA SOLAR SEL BERBASISARDUINO MEGA 2560 DAN MONITORING APLIKASI BLYNK. Diploma thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
TA_Gian Prayogo.pdf - Submitted Version

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK
Penyediaan energi listrik tahun 2020 didominasi oleh batubara. Padahal,
pemanfaatan energi tidak terbarukan secara terus-menerus dapat mengakibatkanhabisnya sumber daya tersebut dan kerusakan lingkungan. Untuk menyelesaikanmasalah tersebut dapat dimanfaatkan Energi Baru Terbarukan (EBT) sepertipemanfaatan energi surya. Pemanfaatan energi tersebut dapat digunakan untukpenyalaan perangkat listrik seperti lampu. Namun pada era kemajuan teknologiyang semakin pesat ini, sebagian besar lampu pada rumah masih dikendalikansecara konvensional. Perkembangan teknologi elektronika serta kegunaan internetyang semakin beragam, memungkinkan pengendalian lampu secara konvensionalmenjadi otomatis atau dapat dikendalikan dari jauh dengan memanfaatkan suatualat elektronika yaitu mikrokontroller.
Salah satu contoh implementasi sistem pengendali perangkat listrik jarakjauh yaitu rumah pintar atau Smart Home. SistemSmart Home dirancang untukmeningkatkan kenyamanan, keamanan, dan mobilitas pengguna dalammengendalikan lampu di rumah. Dengan memanfaatkan mikrokontroler ArduinoMega sebagai alat pengendali, Node MCU ESP8266 sebagai alat pemantauan,
serta sensor Light Dependent Resistor (LDR) sebagai input sehingga bisamengendalikan lampu secara otomatis.
Lampu pada rumah dapat dikendalikan dari jarak jauh menggunakanaplikasi BLYNK secara real-time dengan kecepatan respon yaitu 0,87 detik. Danintensitas cahaya yang terdeteksi di luar rumah maupun di dalam rumah dapatdipantau melalui aplikasi BLYNK dengan rata-rata selisih pengukuran intensitascahaya sebesar 5,94 persen.
Kata Kunci: Sel Surya, Smart Home, Light Dependent Resistor

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Sel Surya, Smart Home, Light Dependent Resistor
Subjects: Engineering
Divisions: School of Vocation > Diploma in Electrical Engineering
Depositing User: Oktavia Perpus Vokasi
Date Deposited: 11 Aug 2023 04:23
Last Modified: 11 Aug 2023 04:23
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13015

Actions (login required)

View Item View Item