Search for collections on Undip Repository

PELAKSANAAN RESES MELALUI JARINGAN ASPIRASI MASYARAKAT OLEH DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH KABUPATEN JEPARA PADA TAHUN 2021_006 HTN 2023

Adillah, Farah Aulia and Saraswati, Retno and Indarja, Indarja (2023) PELAKSANAAN RESES MELALUI JARINGAN ASPIRASI MASYARAKAT OLEH DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH KABUPATEN JEPARA PADA TAHUN 2021_006 HTN 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan penjaringan aspirasi masyarakat yang dilakukan oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Jepara dalam masa reses tahun 2021 dan faktor pendukung serta penghambat yang dihadapi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Jepara dalam menjaring aspirasi masyarakat. Metode pendekatan yang digunakan adalah yuridis normatif. Spesifikasi penelitian ini bersifat deskriptif analitis. Sumber data penelitian ini menggunakan data sekunder sebagai sumber utama. Metode pengumpulan data dengan studi kepustakaan dan wawancara dengan pihak-pihak terkait. Menganalisis menggunakan metode analisa kualitatif. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan penjaringan aspirasi masyarakat yang dilakukan oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Jepara dalam masa reses tahun 2021 pada daerah pemilihan 1 (dapil 1) sudah berdasarkan dengan peraturan perundang-undangan dan buku panduan reses. Terdapat beberapa bentuk pelaksanan reses diantaranya dialog dan tatap muka, kunjungan langsung ke lapangan, dan door to door. Pelaksanaan dari reses pun terdapat beberapa faktor pendukung yang mempengaruhi diantaranya antusias masyarakat yang tinggi untuk mengikuti reses, kebutuhan masyarakat dan motivasi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah terhadap masyarakat. Adanya faktor pendukung tentu ada pula faktor penghambat yang dihadapi diantaranya waktu pertemuan yang terbatas, harapan masyarakat yang tinggi tetapi dana yang terbatas dan masih adanya anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah daerah pemilihan 1 (dapil 1) yang tidak melaksanakan reses. Saran dari penelitian adalah perlunya penjadwalan penganggaran yang khusus dalam merumuskan skala prioritas agar aspirasi masyarakat terealisasikan dengan maksimal dan perlunya anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah daerah pemilihan 1 (dapil 1) untuk dapat meluangkan waktunya turun ke masyarakat secara langsung guna memenuhi kewajibannya.
Kata Kunci: Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, Penjaringan Aspirasi Masyarakat, Reses

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 08 Nov 2023 03:29
Last Modified: 08 Nov 2023 03:29
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13012

Actions (login required)

View Item View Item