Search for collections on Undip Repository

KEBIJAKAN PEMERINTAH PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DALAM UPAYA PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DAERAH PASCA PANDEMI COVID-19_007 DG 2023

PRAYITNO, IMMANUELLA CHRISTIN and Diamantina, Amalia and Wibawa, Kadek Cahya Susila (2023) KEBIJAKAN PEMERINTAH PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DALAM UPAYA PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DAERAH PASCA PANDEMI COVID-19_007 DG 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Adanya pandemi Covid-19 berdampak pada sektor ekonomi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Pada tahun 2020 telah diperkirakan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta bahwa DIY akan mengalami penurunan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari target tahun tersebut sebesar 30-50 %. Penelitian perlu dilakukan untuk mengetahui urgensi kebijakan Pemerintah Provinsi DIY dalam upaya peningkatan PAD pasca pandemi Covid-19 serta menganalisis kebijakan tersebut dalam upaya peningkatan PAD pasca pandemi Covid-19. Terdapat metode penelitian yang digunakan dalam penelitian yaitu metode penelitian hukum yuridis normatif. Dua metode pendekatan masalah yang digunakan oleh Peneliti yaitu metode pendekatan perundang-undangan dan metode pendekatan konseptual, dengan spesifikasi penelitian analisis deskriptif dan preskriptif. Hasil dari penelitian tersebut menyebutkan bahwa urgensi kebijakan Pemerintah Provinsi DIY dalam upaya peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) pasca pandemi Covid-19 adalah karena PAD di DIY mengalami kontraksi sebesar 6,87% di tahun 2021. Pemerintah Daerah (Pemda) DIY mengambil peran yang penting dalam permasalahan turunnya PAD di DIY. Beberapa kebijakan yang telah dibentuk oleh Pemda DIY di awal pandemi Covid-19 dinilai kurang sesuai dengan keadaan masyarakat saat itu. Pemda DIY kurang tanggap menyikapi pandemi Covid-19 yang tersebar dengan masif di DIY di luar perkiraan.

Kata Kunci; Kebijakan, Pemerintah Provinsi, Pendapatan Asli Daerah, Pandemi Covid-19

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 08 Nov 2023 03:27
Last Modified: 08 Nov 2023 03:27
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12981

Actions (login required)

View Item View Item