Search for collections on Undip Repository

Perjalanan Hidup Mahasantri dalam Mencapai Hafidzah Studi Fenomenologis dengan Pendekatan Descriptive Phenomenological Analysis

Kurnia, Nenden Tata and Dewi, Endah Kumala (2023) Perjalanan Hidup Mahasantri dalam Mencapai Hafidzah Studi Fenomenologis dengan Pendekatan Descriptive Phenomenological Analysis. Undergraduate thesis, Undip.

[img] Text
Nenden Tata Kurnia_15000119120004_Abstrak_Yudisium.pdf

Download (384kB)

Abstract

Mahasantri yang memilih program tahfiz (menghafal Al-Qur’an) membutuhkan perjuangan ekstra untuk mencapai hafidz/hafidzah. Tanggung jawab akademik, mengaji kitab, dan menghafal Al-Qur’an menjadi tantangan yang harus diselesaikan. Pondok pesantren merupakan salah satu lembaga pendidikan yang mengajarkan dan mendidikpara santri mengenai ajaran dan ilmu pengetahuan islam. Hifzhul Qur’an merupakan kegiatan individu untuk berusaha menghafalkan ayat-ayat Al-Qur’an sehingga bisa melafalkan secara mutqin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengalaman kehidupan mahasantri Pondok Pesantren Kyai Galang Sewu dalam menghafal Al Qur’an. Partisipan berjumlah tiga mahasantri putri yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Wawancara dilaksanakan secara semi terstruktur. Transkrip wawancara kemudian dianalisis menggunakan pendekatan fenomenologis, Descriptive Phenomenological Analysis. Hasil temuan terdapat upaya untuk mencapai aktualisasi diri dimana mahasantri ingin menjadi seseorang yang ahlul Qur’an dengan mengerahkan segala kemampuan dan potensinya. Ditemukan pula motivasi subjek menjadi ahlul Qur’an dilatarbelakangi oleh kesadaran internal untuk membahagiakan serta menyelamatkan kedua orang tua di dunia dan akhirat. Partisipan memiliki keluarga inti yang supportif yang sangat berpengaruh pada kemunculan motivasi subjek untuk menjadi hafidzah serta di dukung dengan adanya social support dari teman sebaya dan guru/ustadz/ustadzah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 29 May 2023 07:43
Last Modified: 29 May 2023 07:43
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12835

Actions (login required)

View Item View Item