Search for collections on Undip Repository

RANCANG BANGUN TEST BED INSTALASI DAN INSTRUMENTASI SISTEM POMPA DAN KOMPRESOR UNTUK LAB. METROLOGI DAN INSTRUMENTASI (STUDI KASUS PENGUJIAN SISTEM KOMPRESOR)

Hamzah, Helmi (2022) RANCANG BANGUN TEST BED INSTALASI DAN INSTRUMENTASI SISTEM POMPA DAN KOMPRESOR UNTUK LAB. METROLOGI DAN INSTRUMENTASI (STUDI KASUS PENGUJIAN SISTEM KOMPRESOR). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
TA_Helmi Hamzah_40040218650008.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

RANCANG BANGUN TEST BED INSTALASI DAN INTRUMENTASI SISTEM POMPA DAN KOMPRESOR UNTUK LAB. METROLOGI DAN INSTRUMENTASI (STUDI KASUS PENGUJIAN SISTEM KOMPRESOR)
Test bed kompresor merupakan sebuah papan pengujian untuk menunjukkan performa mesin kompresor. Kompresor adalah mesin yang berfungsi untuk meningkatkan tekanan atau memampatkan fluida gas atau udara. Prinsip kerja dari test bed kompresor panel dinyalakan setelah itu motor listrik menyala dan kompresor menyala. Udara dari ruangan akan masuk melalui sisi masuk kompresor dan akan dilakukan proses kompresi pada kompresor. Setelah udara dikompresi, selanjutnya akan dialirkan menuju sisi keluaran kompresor dan pada tahapan akhir kerja akan diterima oleh tangki udara. Dalam proyek akhir ini akan dilakukan rancang bangun test bed instalasi dan instrumentasi kompresor dengan sistem bongkar pasang. Komponen utama rancang bangun instalasi test bed kompresor ini yaitu kompresor untuk mesin yang di gunakan dan audio jack pada instalasi kelistrikan. Tujuan dilakukannya pengujian ini adalah untuk menghitung ke presisian alat istrumentasi pada test bed kompresor. Pengujian ini menggunakan alat ukur termometer dan manometer. Untuk uji instrumentasi akan dilakukan analisa data standar deviasi, standar eror dan koefisien variasi. Pada hasil pengujian dengan pengambilan data variasi waktu 30 detik, 60 detik dan 90 detik. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan besar nilai pada tiap aspek kinerja Dalam pengukuran 30 detik, untuk tingkat presisi terendah 95,02% untuk alat ukur manometer 1. Untuk alat ukur yang lain terdapat tingkat presisi > 98% ke atas. Dalam pengukuran 60 detik, untuk tingkat presisi terendah 87,4% untuk alat ukur manometer 1. Untuk alat ukur yang lain terdapat tingkat presisi > 97% ke atas. Dalam pengukuran 90 detik, untuk tingkat presisi terendah 87,02% untuk alat ukur manometer 1. Untuk alat ukur yang lain terdapat tingkat presisi > 97% ke atas. untuk alat ukur manometer 2 dan 3 serta thermometer 1, 2 dan 3 mempunyai tingkat presisi yang sangat baik sekitar 90%. Sedangkan untuk manometer 1 memiliki tingkat presisi yang kurang baik dengan tingkat presisi terendah 87%.
Kata Kunci : Test Bed, kompresor, instalasi, instrumentasi,analisa data.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Test Bed, kompresor, instalasi, instrumentasi,analisa data.
Subjects: Engineering
Divisions: School of Vocation > Diploma in Mechanical Engineering
Depositing User: Oktavia Perpus Vokasi
Date Deposited: 11 Aug 2023 03:45
Last Modified: 11 Aug 2023 03:45
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12760

Actions (login required)

View Item View Item