Search for collections on Undip Repository

RANCANG BANGUN PROTOTYPE CNC MILLING VERTICAL 3 AXIS DENGAN MOTOR STEPPER NEMA 23 (TUGAS KHUSUS: ANALISIS STRUKTUR RANGKA)

Arsiansyah, Gagas (2022) RANCANG BANGUN PROTOTYPE CNC MILLING VERTICAL 3 AXIS DENGAN MOTOR STEPPER NEMA 23 (TUGAS KHUSUS: ANALISIS STRUKTUR RANGKA). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
TA_Gagas Arsiansyah_40040218650041.pdf - Submitted Version

Download (3MB)

Abstract

Computer Numerical Controlled atau sering disebut mesin CNC adalah mesin yang dikendalikan oleh komputer dengan menggunakan bahasa numerik (data diurutkan dengankode angka, huruf dan simbol) sesuai dengan standar ISO. Mesin CNC memiliki dua atau lebih arah gerakan tool yang disebut axis atau sumbu. Pergerakan pada sumbu meliputi gerak linear (yang merupakan garis lurus) atau gerak circular (yang merupakan lintasan melingkar). Secara umum sumbu yang terdapat pada gerak linear adalah X, Y, dan Z, sedangkan nama sumbu pada gerak melingkar adalah A, B, C. Tujuan penelitian ini untuk melakukan pembuatan mesin CNC milling dan pengujian mesin CNC milling menggunakan end mill dengan ukuran diameter 6 mm untuk menguji kepresisian dan keakuratan mesin. Pengujian dilakukan dengan melakukan beberapa kali running mesin dengan titik axis yang sama untuk menentukan keakuratan dan kepresisian mesin.
Metode yang digunakan adalah mendesain. membuat mesin CNC, pemrogaman, pengujian dan analisis. Dalam proses mendesain mesin CNC milling juga dilakukan proses simulasi rangka dengan metode simulasi static untuk mengetahui titik tegangan pada rangka dan defleksi yang terjadi pada ketiga axis mesin CNC milling. Hasil perancangan dan pembuatan prototype mesin CNC milling yang sudah dilakukan memiliki spesifikasi mesin sebagai berikut: (a) Dimensi mesin 552 mm x 453mm x 440 mm, (b) Dimensi jangkauan mesin 220 mm (sb x), 170 mm (sb y), 50 mm (sb z), (c) endmill 7 mm (maksimum), (d) daya listrik 18 W (idle) dan 95 (full load). Dengan memberikan gaya yang sama pada setiap axis menghasilkan tegangan maksimum dan defleksi maksimum yang berbeda.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: CNC, milling, pengujian
Subjects: Engineering
Divisions: School of Vocation > Diploma in Mechanical Engineering
Depositing User: Oktavia Perpus Vokasi
Date Deposited: 11 Aug 2023 03:35
Last Modified: 11 Aug 2023 03:35
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12740

Actions (login required)

View Item View Item