Search for collections on Undip Repository

RANCANG BANGUN ALAT UJI BALANCING DINAMIS DAN PENGUJIAN DENGAN MASSA UNBALANCE 10 GRAM PADA PUTARAN MAKSIMAL 1485 RPM

YUDHA, IMRON FAHREZA (2022) RANCANG BANGUN ALAT UJI BALANCING DINAMIS DAN PENGUJIAN DENGAN MASSA UNBALANCE 10 GRAM PADA PUTARAN MAKSIMAL 1485 RPM. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
TA_Imron Fahreza Yudha.doc - Submitted Version

Download (10MB)

Abstract

Unbalance atau ketidakseimbangan didefinisikan sebagai kondisi yang ada di rotor ketika gaya atau gerakan getaran yang diberikan ke bantalannya sebagai akibat dari gaya sentrifugal. Penyeimbangan (balancing) yaitu perlakuan terhadap komponen yang mengalami ketidakseimbangan dengan cara memberikan gaya sentrifugal lain yang akan melawan gaya sentrifugal semula atau dengan cara menghilangkan gaya tersebut. Proses balancing bertujuan untuk mengurangi getaran yang terjadi pada sistem rotor dengan menambahkan atau mengurangi massa pada rotor. Untuk mengetahui keadaan unbalance digunakan vibrometer mengukur nilai getaran yang terjadi pada benda uji yang unbalance.
Mesin balancing dinamis dirancang dalam skala laboratorium sebagai penunjang proses perkuliahan yang berkaitan dengan pengujian keseimbangan benda yang bekerja secara rotasi di kampus S.Tr Rekayasa Perancangan Mekanik. Pada rancang bangun alat uji balancing dinamis ini, dilakukan desain menggunakan software computer assisted design dengan daya motor 1 hp dengan kecepatan putar maksimal 1485 RPM dan menggunakan fixed shaft yang dipasang benda uji 2 buah disk lubang untuk penempatan massa pengujian.
Pada pengujian digunakan metode 4 massa coba dinamis, dengan kondisi benda uji disk dipasang massa unbalance sebesar 10 gram dengan posisi yang berbeda pada kedua bidang. Penambahan massa ini menyebabkan benda mengalami ketidakseimbangan secara dinamis, dan nilai getaran menjadi lebih tinggi dari kondisi awal mesin. Kemudian dilakukan perhitungan penyeimbangan, didapatkan nilai massa penyeimbang untuk rotor bagian kiri sebesar 5,278 gr pada posisi 00 dan 13,17 gr pada posisi 2700 , sedangkan pada rotor bagian kanan didapatkan massa penyeimbang sebesar 0,17 gr pada posisi 00 dan 2,44 gr pada posisi 2700 .Setelah massa penyeimbang dipasang didapatkan hasil penurunan nilai getaran akibat penambahan massa sebesar 74 % pada bantalan kiri dan 88 % pada bantalan kanan . pada pengujian ini, rotor diuji dalam beberapa kecepatan putar dan semuanya menunjukan penurunan nilai getaran
Kata kunci : Rotor, Unbalance, balancing dinamis, getaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Rotor, Unbalance, balancing dinamis, getaran
Subjects: Engineering
Divisions: School of Vocation > Diploma in Mechanical Engineering
Depositing User: Oktavia Perpus Vokasi
Date Deposited: 11 Aug 2023 03:33
Last Modified: 11 Aug 2023 03:33
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12710

Actions (login required)

View Item View Item