Ardiana, Vera and Prihatsanti, Unika (2023) Hubungan Antara Konformitas Teman Sebaya dengan Impulsive Buying Terhadap Produk Fashion pada Mahasiswa Universitas Diponegoro. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.
Text
Abstrak.pdf Download (98kB) |
Abstract
Generasi Z saat ini merupakan generasi pengguna aktif e-commerce. Generasi Z adalah generasi yang disebut dengan generasi internet dan lahir pada rentang tahun 1995-2010. Mahasiswa saat ini adalah generasi Z karena lahir pada rentang tahun tersebut. Trend fashion saat ini mempengaruhi perilaku konsumtif masyarakat terutama mahasiswa. Impulsive buying merupakan salah satu aspek dari perilaku konsumtif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan apakah terdapat hubungan antara konformitas teman sebaya dengan impulsive buying terhadap produk fashion pada mahasiswa Universitas Diponegoro. Pengumpulan data menggunakan dua skala yaitu Skala Impulsive Buying (17 aitem valid α = 0,897) dan skala konformitas teman sebaya (14 aitem valid α = 0,826). Analisis data menggunakan analisis regresi sederhana menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara konformitas teman sebaya dengan impulsive buying terhadap produk fashion pada mahasiswa Universitas Diponegoro (r_xy = 0,240; p=0,010). Penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa yang memiliki konformitas teman sebaya tinggi, maka impulsive buying juga tinggi, begitu sebaliknya. Konformitas teman sebaya memberikan sumbangan efektif sebesar 5,7% dalam mempengaruhi impulsive buying, sedangkan sisanya yaitu sebesar 94,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Fakultas Psikologi |
Date Deposited: | 24 May 2023 05:09 |
Last Modified: | 24 May 2023 05:09 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12703 |
Actions (login required)
View Item |