Search for collections on Undip Repository

Pengaruh Pemberian Formula Enteral Berbasis Tepung Tempe dan Tepung Bengkuang Terhadap Kadar Leukosit Pada Tikus Hiperglikemia

Diah Maulida, Ika and Maharani, Nani and Fithra Dieny, Fillah Pengaruh Pemberian Formula Enteral Berbasis Tepung Tempe dan Tepung Bengkuang Terhadap Kadar Leukosit Pada Tikus Hiperglikemia. -. (Unpublished)

[img] Text (Abstrak)
Abstrak-Ika Diah Maulida.pdf

Download (137kB)

Abstract

Latar Belakang: Kondisi stress hiperglikemia pada pasien kritis menyebabkan peningkatan kadar leukosit akibat adanya reaksi inflamasi. Formula Gliteros berbahan dasar tepung tempe dan tepung bengkuang mengandung isoflavon aglikon yang berpotensi menurunkan kadar leukosit.
Tujuan: Penelitian bertujuan menganalisis pengaruh pemberian formula enteral “Gliteros” berbahan dasar tepung tempe dan tepung bengkuang terhadap kadar leukosit pada tikus Wistar hiperglikemia
Metode: Penelitian true experimental dengan post group design menggunakan 24 ekor tikus wistar dewasa yang dibagi dalam 4 kelompok : K(-), K(+), P1, dan P2. Kelompok K(+), P1, dan P2 diinduksi Streptozotocin 45 g/kgBB dan Nicotinamide 110 mg/kgBB. Kelompok P1 dan P2 diberikan formula enteral Gliteros dengan dosis 4,32 g/200 gBB dan 7,56 g/200 gBB selama 42 hari. Pemeriksaan kadar leukosit menggunakan metode direct counting. Analisis data perbedaan kadar leukosit setelah intervensi mengunakan uji One Way Anova dengan uji lanjut Post Hoc-Dunnet T3.
Hasil: Kadar leukosit pada P1 dan P2 memiliki perbedaan yang signifikan (p<0,05) terhadap kelompok K(-) dan K(+). Formula enteral Gliteros mampu menurunkan kadar leukosit kelompok P1 dan P2 menjadi 7,05±0,21 x10³/μL dan 6,22 ± 0,12 x10³/μL. Penurunan kadar leukosit paling tinggi pada dosis 7,56 g/200gBB.
Simpulan: Pemberian formula enteral “Gliteros” berbahan dasar tepung tempe dan tepung bengkuang mampu menurunkan kadar leukosit pada tikus wistar hiperglikemia.

Kata Kunci: Hiperglikemia, Leukosit, Formula Enteral, Tempe, Bengkuang

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 17 May 2023 03:13
Last Modified: 17 May 2023 03:13
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12695

Actions (login required)

View Item View Item