Search for collections on Undip Repository

GAMBARAN SANITASI LINGKUNGAN DAN HIGIENE PERORANGAN SAAT PANDEMI COVID-19 DI KELURAHAN WADASLINTANG, KECAMATAN WADASLINTANG, KABUPATEN WONOSOBO

IRAWATI, TITAN (2023) GAMBARAN SANITASI LINGKUNGAN DAN HIGIENE PERORANGAN SAAT PANDEMI COVID-19 DI KELURAHAN WADASLINTANG, KECAMATAN WADASLINTANG, KABUPATEN WONOSOBO. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO TITAN.pdf - Published Version

Download (430kB)

Abstract

Coronavirus disease-19 (COVID-19) merupakan penyakit yang ditularkan oleh droplet yang mengandung virus melalui udara atau ketika batuk dan juga bisa melalui permukaan benda. Tahun 2021 Jawa Tengah menempati posisi ketiga dengan kasus COVID-19 tertinggi di Indonesia berjumlah 215.684 kasus terkonfirmasi dan 9.603 kasus meninggal, demikian halnya di Kabupaten Wonosobo berjumlah 4.892 kasus terkonfirmasi dan 324 meninggal. Sanitasi lingkungan dan higiene perorangan berkontribusi terhadap penularan COVID-19, sedangkan di Kelurahan Wadaslintang kondisi sanitasi lingkungan dan higiene perorangan belum tergambarkan secara baik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui gambaran sanitasi lingkungan dan higiene perorangan saat pandemi COVID-19 di Kelurahan Wadaslintang, Kecamatan Wadaslintang, Kabupaten Wonosobo. Jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian observasional deskriptif. Populasi sebanyak 3639 jiwa usia produktif dan sampel 305 responden diperoleh secara simple random sampling. Data penelitian yang diperoleh dianalisis menggunakan software IBM SPSS versi 25 dengan melakukan distribusi frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan sanitasi lingkungan mencakup sarana air bersih dan sarana air minum sudah baik. Selanjutnya, Saluran Pembuangan Air Limbah (SPAL) rumah tangga yang diresapkan dan tidak mencemari sumber air (4,3%), sedangkan sarana pengelolaan sampah berupa tempat sampah kedap air (80%) dan tempat sampah tertutup (23,9%) serta ventilasi rumah (92,8%). Kemudian terkait higiene perorangan dengan kebiasaan baik kebersihan tangan (59,3%) penggunaan masker (79%), jaga jarak (73,4%) dan kebiasaan membuka jendela (63,9%). Kesimpulannya adalah masih kurangnya fasilitas sanitasi lingkungan berupa SPAL rumah tangga yang masih dialirkan ke lingkungan dan kurangnya tempat sampah tertutup. Sedangkan higiene perorangan sebagian besar sudah baik.

Kata kunci: Covid-19, higiene perorangan, sanitasi lingkungan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 16 May 2023 08:22
Last Modified: 16 May 2023 08:22
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12688

Actions (login required)

View Item View Item