Search for collections on Undip Repository

PENERAPAN PRINSIP KEHATI-HATIAN PADA LEMBAGA KEUANGAN MIKRO SYARIAH DALAM PEMBIAYAAN UMKM PASCA MASA PANDEMI COVID-19_032A DG 2023

WARDAYA, IKHTIARIFA AZZAHRA and Saptono, Hendro and Setyowati, Ro’fah (2023) PENERAPAN PRINSIP KEHATI-HATIAN PADA LEMBAGA KEUANGAN MIKRO SYARIAH DALAM PEMBIAYAAN UMKM PASCA MASA PANDEMI COVID-19_032A DG 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Lembaga keuangan mikro syariah merupakan salah satu lembaga keuangan yang ada di Indonesia. Lembaga keuangan ini memiliki peran yang penting layaknya perbankan dan lembaga keuangan lainnya. Lembaga yang dibahas di dalam skripsi ini adalah BMT (Baitul Maal Tanwil) yang didasarkan pada hukum koperasi. BMT dalam kegiatan bisnisnya, salah satunya yakni pembiayaan UMKM. Pembiayaan UMKM ini lebih kurang konsepnya sama dengan lembaga keuangan lain. Dalam penerapannya, prinsip kehati-hatian ditegakkan untuk menghindari pembiayaan macet. Namun, pengaturan mengenai prinsip kehati-hatian untuk lembaga keuangan ini belum ada. Sehingga, saat ini mengacu pada Undang-Undang Perbankan. Pengaturan yang tidak jelas ini membuat kerancuan dalam penerapan prinsip kehati-hatian.
Metode penelitian yang digunakan ialah metode pendekatan yuridis empiris dengan menggunakan metode deskriptif analitis. Hasil penelitian yang didapatkan yakni penerapan prinsip kehati-hatian pada BMT Matahari Majenang dilakukan dengan cara 5C + 1S (Character, Capital, Capacity, Collateral, Condition of Economy, dan Syariah). Serta untuk mengatasi problematika hukum yang terjadi pihak BMT Matahari Majenang mengikatkan diri dengan anggota yang mengajukan pembiayaan dengan cara mengeluarkan Akad Pembiayaan Murabahah yang disepakati oleh kedua belah pihak. Dapat disimpulkan bahwa dengan BMT Matahari Majenang cukup baik dalam penerapan prinsip kehati-hatian dalam pemberian pembiayaan murabahah. Namun, masih terdapat berbagai hambatan yang dialami baik itu eksternal maupun internal. Oleh karena itu, disarankan BMT Matahari Majenang sebaiknya lebih memperhatikan lagi calon anggota yang akan mengajukan pembiayaan. Selanjutnya, untuk pemerintah melakukan konsiderisasi bahwa pentingnya menetapkan pengaturan khusus mengenai prinsip kehati-hatian pada lembaga keuangan mikro syariah.
Kata Kunci: Prinsip Kehati-Hatian, Lembaga Keuangan Mikro Syariah, Pembiayaan UMKM

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 08 Nov 2023 07:31
Last Modified: 08 Nov 2023 07:31
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12683

Actions (login required)

View Item View Item