Search for collections on Undip Repository

PENGALAMAN PENGASUHAN IBU DENGAN ANAK DOWN SYNDROME DI YAYASAN POTADS (PERSATUAN ORANG TUA ANAK DENGAN DOWN SYNDROME) (Studi Kualitatif dengan Pendekatan Interpretative Phenomenological Analysis)

Kusumaningrum, Devinta and Desiningrum, Dinie Ratri (2023) PENGALAMAN PENGASUHAN IBU DENGAN ANAK DOWN SYNDROME DI YAYASAN POTADS (PERSATUAN ORANG TUA ANAK DENGAN DOWN SYNDROME) (Studi Kualitatif dengan Pendekatan Interpretative Phenomenological Analysis). Undergraduate thesis, Undip.

[img] Text
Abstrak_­Devinta Kusumaningrum_15000119120072.pdf

Download (39kB)

Abstract

Kasus kelahiran anak Down syndrome turut berpengaruh pada tumbuh kembang anak dan pengasuhan yang dilakukan oleh ibu. Pengasuhan merupakan suatu bentuk interaksi antara orang tua dan anak untuk mencapai perkembangan anak dalam jangka waktu yang lama. Penelitian ini adalah penelitian fenomenologis yang bertujuan untuk memahami pengalaman pengasuhan ibu dengan anak Down syndrome di yayasan POTADS. Pemilihan partisipan dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan kriteria merupakan ibu dari anak Down syndrome di yayasan POTADS, berusia 30-45 tahun, dan berdomisili di Boyolali. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan menggunakan wawancara semi terstruktur, sedangkan analisis data menggunakan Interpretative Phenomenological Analysis (IPA). Penelitian menghasilkan tiga tema induk. (1) Proses penerimaan anak dengan empat tema superordinat yaitu reaksi psikologis, tanggapan negatif orang sekitar, faktor penerimaan diri, dan dukungan kelompok sosial. (2) Proses menjalani pengasuhan anak dengan empat tema superordinat yaitu optimalisasi pengasuhan, problematika emosional, strategi pengasuhan, dan reaksi positif pengasuhan. (3) Penguat dalam menghadapi masalah dengan tiga tema superordinat yaitu dukungan sosial, keyakinan diri, dan strategi menghadapi masalah. Terdapat satu tema khusus yang hanya muncul pada partisipan LR, yaitu kesiapan mental. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengasuhan anak Down syndrome memunculkan stress pengasuhan yang disebabkan oleh kondisi pribadi ibu dan karakteristik anak. Kelima partisipan dapat melakukan pengasuhan secara optimal karena adanya dukungan berbagai pihak seperti pasangan, keluarga, teman, dan lingkungan yang berupa penerimaan serta bantuan dalam pengasuhan. Terdapat temuan penelitian bahwa religiusitas seperti rasa syukur dan sikap bertawakal turut berperan penting dalam pengasuhan ibu dengan anak Down syndrome. Temuan-temuan tersebut berkaitan dengan dinamika pelaksanaan pengasuhan yang dilakukan ibu terhadap anak Down syndrome.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 23 May 2023 06:23
Last Modified: 23 May 2023 06:23
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12662

Actions (login required)

View Item View Item