Search for collections on Undip Repository

PERLINDUNGAN HUKUM MOTIF BATIK KONTEMPORER DI KABUPATEN SLEMAN BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 28 TAHUN 2014 TENTANG HAK CIPTA_038 DG 2023

Widiastuti, Ratna Wahyu and Saptono, Hendro and Triyono, Triyono (2023) PERLINDUNGAN HUKUM MOTIF BATIK KONTEMPORER DI KABUPATEN SLEMAN BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 28 TAHUN 2014 TENTANG HAK CIPTA_038 DG 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Batik merupakan salah satu objek yang dilindungi oleh hak cipta berdasarkan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta. Dalam hal ini batik sebagaimana dimaksud adalah batik dengan motif kontemporer. Pada kenyataanya, pelanggaran terhadap hak cipta motif batik kontemporer masih marak ditemui di berbagai daerah Indonesia, sehingga diperlukannya startegi bagi masing-masing daerah untuk menegakan perlindungan hukumnya. Dalam penelitian ini, akan berfokus pada perlindungan hukum terhadap motif batik kontemporer di Kabupaten Sleman. Dengan pembahasan yang diangkat mengenai bentuk perlindungan hukum terhadap motif batik kontemporer di Kabupaten Sleman, serta hambatan dalam pelaksanannya. Penelitian ini menggunakan metode yuridis empiris dengan data primer yang diperoleh melalui wawancara oleh pihak-pihak terkait dan data sekunder melalui studi kepustakaan. Serta menggunakan metode kualitatif sebagai metode analisis data. Berdasarkan hasil penelitian, bentuk perlindungan hukum preventif yang diberikan oleh pemerintah terhadap motif batik kontemporer di Kabupaten Sleman berupa publikasi dan dokumentasi, pencatatan hak cipta, serta pembentukan Peraturan Bupati Sleman Nomor 28 Tahun 2015 Tentang Tata Kelola Batik. Kemudian untuk perlindungan hukum represif, berupa upaya penyelesaian sengketa baik melalui pengadilan maupun di luar pengadilan. Dalam hal ini peran pemerintah adalah memberikan wadah yang mendukung upaya pelaksanaan bentuk perlindungan hukum sebagaimana telah disebutkan. Kemudian mengenai hambatan, muncul dari sisi para pengrajin batik maupun dari sisi pemerintah. Hambatan dari sisi pengrajin secara garis besar disebabkan karena adanya keterbatasan pengetahuan dan rendahnya kesadaran hukum para pengrajin, sedangkan hambatan dari sisi pemerintah dikarenakan upaya perlindungan hukum yang diberikan pemerintah belum berfokus pada bidang hak cipta terkhusus untuk batik di Kabupaten Sleman.

Kata kunci : Hak Cipta, Motif Batik Kontemporer, Perlindungan Hukum.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hak Cipta, Motif Batik Kontemporer, Perlindungan Hukum.
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 26 Oct 2023 08:17
Last Modified: 26 Oct 2023 08:17
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12658

Actions (login required)

View Item View Item