Search for collections on Undip Repository

KAJIAN KUALITAS LINGKUNGAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH Dr. M. ASHARI PEMALANG DALAM MENUJU PENERAPAN KONSEP GREEN HOSPITAL DI KABUPATEN PEMALANG

ASTUTI, SHEIRLI MEI (2023) KAJIAN KUALITAS LINGKUNGAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH Dr. M. ASHARI PEMALANG DALAM MENUJU PENERAPAN KONSEP GREEN HOSPITAL DI KABUPATEN PEMALANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO SHEIRLI.pdf - Published Version

Download (465kB)

Abstract

RSUD Dr. M. Ashari Pemalang merupakan instalasi pelayanan kesehatan milik pemerintah daerah yang tergolong ke dalam rumah sakit tipe C. RSUD Dr. M. Ashari Pemalang belum menerapkan sepenuhnya konsep green hospital dengan mempertimbangkan prinsip kesehatan dan lingkungan yang berkelanjutan sehingga dikhawatirkan akan mempengaruhi kualitas lingkungan. Selain itu, belum melakukan penilaian PROPER yang dimana hasilnya akan berpengaruh terhadap penerapan konsep green hospital di RSUD Dr. M. Ashari Pemalang.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji kualitas lingkungan RSUD Dr. M. Ashari Pemalang dalam menuju penerapan konsep green hospital. Penelitian ini merupakan penilitian deskriptif. Informan pada penelitian ini dipilih menggunakan teknik purposive sampling yang terdiri dari 5 informan utama dan 1 informan triangulasi. Hasil penilaian green hospital di RSUD Dr. M. Ashari Pemalang menunjukkan bahwa aspek yang sudah terpenuhi 100% yaitu aspek pengelolaan makanan dengan memenuhi 6 poin. Sedangkan aspek yang belum terpenuhi seluruhnya terdapat aspek kepemimpinan (66,67%) dengan memenuhi 8 poin, lokasi dan landscape (42,86%) dengan memenuhi 3 poin, bangunan rumah sakit (85,71%) dengan memenuhi 6 poin, bahan kimia (66,67%) dengan memenuhi 8 poin, aspek limbah (75%) dengan memenuhi 12 poin, efisiensi energi (40%) dengan memenuhi 4 poin, konservasi air (42,86%) dengan memenuhi 6 poin, kebersihan lingkungan dan pengendalian vektor (75%) dengan memenuhi 6 poin, pengendalian kualitas udara (87,5%) dengan memenuhi 7 poin. Berdasarkan hasil penilaian kualitas lingkungan, RSUD Dr. M. Ashari Pemalang belum sepenuhnya menerapkan aspek-aspek green hospital. RSUD Dr. M. Ashari Pemalang mendapatkan persentase 66% dengan 66 nilai standar yang sudah terpenuhi dari total 100 nilai standar sehingga mendapatkan peringkat Gold yang mengacu pada Buku Pedoman Rumah Sakit Ramah Lingkungan (Green Hospital) oleh Kementerian Kesehatan dan pedoman peringkat penilaian oleh Green Building Council Indonesia (GBCI). RSUD Dr. M. Ashari Pemalang perlu melakukan peningkatan peringkatan sehingga dibutuhkan persiapan untuk memenuhi segala persyaratan dan kebijakan yang ada dalam penerapan konsep green hospital.

Kata Kunci : Green Hospital; kualitas lingkungan; Rumah Sakit

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 12 May 2023 06:56
Last Modified: 12 May 2023 06:56
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12640

Actions (login required)

View Item View Item