Search for collections on Undip Repository

EFEKTIVITAS BERBAGAI JENIS PERANGKAP DAN UMPAN TERHADAP JUMLAH LALAT TERPERANGKAP DI TPS PASAR SAWAHAN KABUPATEN NGANJUK

LESTARI, INDAH (2023) EFEKTIVITAS BERBAGAI JENIS PERANGKAP DAN UMPAN TERHADAP JUMLAH LALAT TERPERANGKAP DI TPS PASAR SAWAHAN KABUPATEN NGANJUK. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO INDAH LESTARI.pdf - Published Version

Download (435kB)

Abstract

Lalat merupakan salah satu vektor mekanis yang berperan untuk membawa organisme pemicu penyakit. Kebiasaan lalat yang mudah hinggap pada suatu permukaan menjadikan lalat berpotensi menjadi penyebab penyakit pada manusia. Didukung dengan kondisi keadaan lingkungan yang basah, lembab dan kotor menjadikan perkembangbiakan lalat sangat cepat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas berbagai jenis perangkap dan umpan terhadap jumlah lalat terperangkap di TPS Pasar Sawahan Kabupaten Nganjuk. Desain penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan post-test only control group design. Analisis data menggunakan analisis univariat dan bivariat menggunakan uji one way anova dan uji tukey. Hasil penelitian ditemukan dari ketiga jenis perangkap (fly trap, sticky trap, botol trap) dan ketiga umpan (udang, ikan, tempe busuk) jumlah lalat yang terperangkap secara berurutan yaitu 28 ekor, 923 ekor, dan 70 ekor. Dari ketiga jenis umpan (udang, ikan, dan tempe busuk) dengan ketiga jenis perangkap (fly trap, sticky trap, dan botol trap) jumlah lalat yang terperangkap secara berurutan adalah 428 ekor, 284 ekor, dan 309 ekor. Hasil uji One Way Anova diperoleh p-value = 0,000 (p= <0,05) sehingga Ho ditolak. Terdapat 2 jenis spesies lalat yang ditemukan yaitu Musca domestica sebesar 53% dan Calliphora vomitoria sebesar 47%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perangkap sticky trap dan umpan udang merupakan perangkap dan umpan yang paling efektif untuk memerangkap lalat di TPS Pasar Sawahan Kabupaten Nganjuk.

Kata kunci : Lalat, variasi perangkap, variasi umpan, TPS

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 12 May 2023 04:58
Last Modified: 12 May 2023 04:58
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12636

Actions (login required)

View Item View Item