Search for collections on Undip Repository

PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PEMEGANG POLIS ASURANSI ATAS PERUSAHAAN ASURANSI PANIN DAICHI LIFE YANG MELAKUKAN WANPRESTASI ATAS PEMBAYARAN KLAIM ASURANSI (STUDI KASUS TERHADAP PUTUSAN NOMOR 83/Pdt.G/2018 PN Mdn)_027 DG 2023

ISWARA, RADITYA DANI and Saptono, Hendro and Njatrijani, Rinitami (2023) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PEMEGANG POLIS ASURANSI ATAS PERUSAHAAN ASURANSI PANIN DAICHI LIFE YANG MELAKUKAN WANPRESTASI ATAS PEMBAYARAN KLAIM ASURANSI (STUDI KASUS TERHADAP PUTUSAN NOMOR 83/Pdt.G/2018 PN Mdn)_027 DG 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perjanjian asuransi merupakan perjanjian yang berdasarkan asas iktikad baik. Permasalahan yang sering terjadi dalam asuransi jiwa adalah perusahaan asuransi melakukan penolakan klaim asuransi dikarenakan tidak adanya iktikad baik dari pihak tertanggung atau tertanggung melakukan kebohongan dalam pengisian SPAJ. Seringkali tertanggung merasa dirugikan karena Pasal 251 KUHD menjadi dasar dalam penolakan klaim asuransi. Penelitian ini terfokus pada penerapan asas iktikad baik dalam perjanjian asuransi jiwa dan bentuk perlindungan hukum bagi pemegang polis apabila perusahaan asuransi melakukan wanprestasi. Penelitian ini menggunakan metode yuridis normatif, dengan spesifikasi deskriptif analitis dan dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan asas itikad baik dalam perjanjian asuransi jiwa terdapat adanya ketimpangan karena penerapan asas iktikad baik hanya dilakukan oleh tertanggung saja, sedangkan penanggung sering mencari kesalahan tertanggung pada saat permohonan klaim dan menggunakan dasar Pasal 251 KUHD sebagai perlindungan agar tidak melakukan pembayaran. Bentuk perlindungan hukum terhadap pemegang polis atas terjadinya wanprestasi telah diatur dalam berbagai peraturan perundang-undangan.
Pengaturan yang mewajibkan perusahaan asuransi memberikan informasi yang benar serta tidak menyesatkan kepada pemegang polis merupakan perlindungan hukum preventif.
Pengaturan yang mewajibkan pelaku usaha jasa keuangan memiliki mekanisme pelayanan dan penyelesaian pengaduan bagi konsumen serta pengaturan penyelesaian sengketa
merupakan perlindungan hukum represif.
Kata kunci: Wanprestasi, Iktikad Baik, Pemegang Polis, Perlindungan Hukum

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 09 Nov 2023 07:52
Last Modified: 09 Nov 2023 07:52
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12616

Actions (login required)

View Item View Item