Search for collections on Undip Repository

Hubungan antara Regulasi Diri dengan Cyberloafing pada Mahasiswa Tahun Ketiga di Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro

Ramadani, Safira and Sawitri, Dian Ratna (2023) Hubungan antara Regulasi Diri dengan Cyberloafing pada Mahasiswa Tahun Ketiga di Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Undergraduate thesis, Undip.

[img] Text
Safira Ramadani_Abstrak Skripsi.pdf

Download (260kB)

Abstract

Regulasi diri merupakan kemampuan individu untuk mengatur respon diri terhadap lingkungan, dengan cara mengembangkan, mengimplementasikan, dan mempertahankan perilaku untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Cyberloafing dalam konteks perkuliahan adalah perilaku penggunaan internet yang tidak berkaitan dengan pembelajaran oleh individu sebagai mahasiswa secara personal, dan dilakukan selama jam perkuliahan berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara regulasi diri dengan cyberloafing pada mahasiswa tahun ketiga di Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Populasi penelitian berjumlah 370 mahasiswa dengan sampel penelitian sebanyak 160 mahasiswa berdasarkan teknik simple random sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah Skala Regulasi Diri (37 aitem valid, α = 0,93) dan Skala Cyberloafing (32 aitem valid, α = 0,94). Analisis data yang digunakan adalah uji Spearman Rho dengan hasil terdapat hubungan positif yang tidak signifikan antara regulasi diri dengan cyberloafing pada mahasiswa tahun ketiga di Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro (r = 0,4, p > 0,05). Artinya, regulasi diri tidak berkaitan secara signifikan dengan cyberloafing pada mahasiswa tahun ketiga di Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 23 May 2023 06:17
Last Modified: 23 May 2023 06:17
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12610

Actions (login required)

View Item View Item