Search for collections on Undip Repository

Hubungan antara School Well-Being dengan Self-Regulated Learning pada Mahasiswa Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro

Ramadhan, Adam Gumilang and Rusmawati, Diana (2023) Hubungan antara School Well-Being dengan Self-Regulated Learning pada Mahasiswa Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro. Undergraduate thesis, Undip.

[img] Text
Abstrak_Adam Gumilang Ramadhan.pdf

Download (265kB)

Abstract

Kehidupan yang dijalani oleh mahasiswa, tentunya tidak terlepas dari berbagai permasalahan yang harus dihadapi. Permasalahan tersebut dirasakan pula oleh mahasiswa kedokteran, terutama permasalahan terkait proses belajar. Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh mahasiswa adalah dengan menerapkan self-regulated learning. Salah faktor yang mempengaruhi self-regulated learning mahasiswa berasal dari lingkungan. Lingkungan yang dipersepsikan secara postif oleh mahasiswa dapat meningkatkan self-regulated learning mahasiswa. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui korelasi antara school well-being dengan self-regulated learning pada mahasiswa Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro. Populasi penelitian ini berjumlah 759 mahasiswa yang dilakukan sampel menjadi 251 mahasiswa dengan menggunakan proportionate stratified random sampling. Data dikumpulkan menggunakan skala self-regulated learning (19 aitem, α = 0,847) dan skala school well-being (27 aitem, α = 0,872). Hasil analisis regresi sederhana menunjukan nilai korelasi (r) sebesar = 0,407 dengan signifikansi 0,000 (p<0,05), yang menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif signifikan antara school well-being dengan self-regulated learning. Semakin tinggi school well-being mahasiswa, maka semakin tinggi pula self-regulated learning mahasiswa. School well-being juga memberikan sumbangan efektif sebesar 16,6% terhadap self-regulated learning.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 05 Feb 2024 08:05
Last Modified: 05 Feb 2024 08:05
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12609

Actions (login required)

View Item View Item