Search for collections on Undip Repository

PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PARA PIHAK YANG MELAKUKAN PERJANJIAN JUAL BELI BUSINESS PLAN BERDASARKAN PERSPEKTIF HUKUM_029 DG 2023

NURRIZQI, TAUFIK and Saptono, Hendro and Rahmanda, Bagus (2023) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PARA PIHAK YANG MELAKUKAN PERJANJIAN JUAL BELI BUSINESS PLAN BERDASARKAN PERSPEKTIF HUKUM_029 DG 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Business Plan sebagai bentuk dari Rahasia Dagang merupakan salah satu elemen krusial yang menjadi langkah awal dalam menjalankan suatu bisnis. Banyaknya kegagalan yang dialami oleh pengusaha dalam menjalankan bisnis disebabkan karena mereka tidak mampu merancang dan menjalankan Business Plan dengan baik. Hal tersebut terjadi dikarenakan mereka tidak mempunyai kapabilitas, seperti modal dan kompetensi, untuk menjalankan bisnisnya sesuai dengan Business Plan yang telah dirancang. Oleh karena itu, menjual ide bisnisnya dengan cara melakukan perjanjian jual beli Business Plan merupakan salah satu alternatif solusi yang dapat dilakukan. Berdasarkan hal tersebut, penulisan hukum ini membahas mengenai bagaimana perlindungan hukum dan pelaksanaan perjanjian jual beli Business Plan oleh para pihak dalam perjanjian. Metode penelitian yang digunakan adalah yuridis normatif dengan spesifikasi penelitian berupa deskriptif analitis. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni studi literatur dengan metode analisis data kualitatif. Data-data yang dikumpulkan berupa bahan hukum primer, sekunder, dan tersier. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Business Plan sebagai suatu bentuk dari Rahasia Dagang dapat menjadi objek jual beli dalam suatu perjanjian jual beli. Sehingga, para pihak dalam perjanjian jual beli dapat melakukan transaksi atas jual beli Business Plan sepanjang para pihak telah berstatus cakap hukum. Perjanjian jual beli Business Plan telah secara sah mengikat para pihak dalam perjanjian ketika telah terpenuhinya syarat-syarat sahnya suatu perjanjian dalam Pasal 1320 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata. Kepemilikan hak atas Business Plan yang diperjualbelikan beralih kepada pemegang hak yang baru ketika para pihak dalam perjanjian telah melakukan kesepakatan, levering, dan pencatatan perjanjian jual beli Business Plan pada Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual.
Kata kunci: Perjanjian Jual Beli, Business Plan, Rahasia Dagang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 09 Nov 2023 07:46
Last Modified: 09 Nov 2023 07:46
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12596

Actions (login required)

View Item View Item