Search for collections on Undip Repository

PRAKTIK PASSING OFF DALAM FIKSI PENGGEMAR PADA KARYA CIPTA NOVEL YANG DIKOMERSIALKAN DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 28 TAHUN 2014_002 DG 2023

PRIMASTITO, CANTIKA ASSYIFANI and Njatrijani, Rinitami and Irawati, Irawati (2023) PRAKTIK PASSING OFF DALAM FIKSI PENGGEMAR PADA KARYA CIPTA NOVEL YANG DIKOMERSIALKAN DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 28 TAHUN 2014_002 DG 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fiksi penggemar adalah salah satu bentuk dan hasil dari karya tulis merupakan hal yang sangat populer pada saat ini. Suatu cerita fiksi penggemar yang memiliki alur cerita yang bagus dapat menjadi sensasi di sosial media, sehingga fiksi penggemar yang semula beredar di internet dan dapat diakses secara gratis kini kian diterbitkan menjadi sebuah karya cipta novel. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui eksistensi fiksi penggemar pada karya cipta novel dalam Undang-undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta dan perlindungan hukum yang dapat diberikan kepada pihak yang dirugikan dari adanya praktik passing off. Meski dalam Undang-undang Nomor 28 Tahun 2014 mengakui eksistensi dari fiksi penggemar, tetapi penggunaan wajah dari artis terkenal sebagai visualisasi karakter dalam cerita fiksi penggemar di sampul karya cipta novel ini merupakan suatu tindakan pelanggaran hak cipta yang dilakukan oleh pelaku perbukuan. Bentuk perlindungan hukum yang dapat diberikan kepada pihak yang dirugikan dari adanya pemboncengan reputasi dalam fiksi penggemar pada karya cipta novel yang dikomersialkan secara preventif adalah dengan mengeluarkan pernyataan atau somasi, sedangkan perlindungan hukum secara represif adalah dengan mengajukangugatan ke Pengadilan Niaga.
Kata Kunci: Fiksi Penggemar, Karya Cipta Novel, Hak Cipta, Passing Off.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 09 Nov 2023 06:46
Last Modified: 09 Nov 2023 06:46
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12551

Actions (login required)

View Item View Item