Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG KESEHATAN GIGI DAN MULUT TERHADAP JUMLAH KEJADIAN KARIES PADA ANAK TK DI KELURAHAN BANTENGAN BOYOLALI

Amanullah, Haidar and Wulandari, Diah Rahayu and Prabowo, Yoghi Bagus (2023) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG KESEHATAN GIGI DAN MULUT TERHADAP JUMLAH KEJADIAN KARIES PADA ANAK TK DI KELURAHAN BANTENGAN BOYOLALI. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (Haidar Rafi Amanullah_22010218120008_KTI_ABSTRAK)
Haidar Rafi Amanullah_22010218120008_KTI_ABSTRAK.pdf

Download (106kB)

Abstract

Tujuan: Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada hubungan tingkat pengetahuan ibu tentang kesehatan gigi dan mulut terhadap jumlah kejadian karies pada anak TK di Kelurahan Bantengan Boyolali.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional yang bersifat analitik. Populasi yang di jangkau adalah siswa beserta ibu di TK kelurahan Bantengan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Non random sampling dengan total sampling berjumlah 70 responden, data di peroleh melalui kuisioner untuk mengetahui tingkat pengetahuan ibu dan pemeriksaan jumlah karies anak yang di lakukan secara langsung kemudian di analisis menggunakan uji non parametrik Somers’d.
Hasil: Hasil uji Korelasi Somers’d Pengetahuan ibu terhadap jumlah karies anak di dapatkan nilai p < 0,05 menunjukan bahwa ada hubungan antara tingkat pengetahuan ibu terhadap jumlah kejadian karies gigi pada anak TK di kelurahan bantengan boyolali. Hubungan yang terjadi adalah hubungan yang cukup karena nilai r = 0,309. Tingkat pengetahuan ibu yang buruk berhubungan dengan tingkat keparahan karies yang tinggi pada anak serta sebaliknya.
Kesimpulan: Terdapat hubungan tingkat pengetahuan ibu tentang kesehatan gigi dan mulut terhadap jumlah kejadian karies gigi pada anak TK di Kelurahan Bantengan Boyolali.
Kata kunci : Pengetahuan Ibu, Kesehatan Gigi dan Mulut, Karies Gigi, Kejadian Karies Gigi Anak TK.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan Ibu, Kesehatan Gigi dan Mulut, Karies Gigi, Kejadian Karies Gigi Anak TK.
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Dentistry
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 11 May 2023 07:11
Last Modified: 11 May 2023 07:11
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12550

Actions (login required)

View Item View Item