Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR PADA PEGAWAI UNIT OPERASI PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO) DAERAH OPERASI 4 SEMARANG

Raharjo, Salma Febriyanti Putri and Indrawati, Endang Sri (2023) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR PADA PEGAWAI UNIT OPERASI PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO) DAERAH OPERASI 4 SEMARANG. Undergraduate thesis, Undip.

[img] Text
Abstrak Salma Febriyanti PR_15000119130093.pdf

Download (131kB)

Abstract

Di dalam kehidupan berorganisasi, pegawai Unit Operasi PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 4 Semarang menunjukkan adanya organizational citizenship behavior. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara kecerdasan emosional dengan organizational citizenship behavior pada pegawai Unit Operasi di PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 4 Semarang. Penelitian ini melibatkan 180 pegawai sebagai sampel dengan menggunakan teknik simple random sampling. Pengambilan data menggunakan dua skala model likert yaitu skala kecerdasan emosional (36 aitem, α = 0,955) dan skala organizational citizenship behavior (31 aitem, α = 0,935). Analisis data menggunakan uji Spearman’s rho dan Mann-Whitney U pada aplikasi SPSS versi 27.00. Hasil penelitian menyatakan bahwa kecerdasan emosional berkorelasi positif dan signifikan dengan organizational citizenship behavior (rxy = 0,761 ; p = 0,000). Artinya, semakin tinggi kecerdasan emosional, semakin tinggi pula organizational citizenship behavior. Sebaliknya, semakin rendah kecerdasan emosional, maka semakin rendah organizational citizenship behavior. Hasil penelitian ini berimplikasi pada disarankannya PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 4 Semarang untuk mempertahankan organizational citizenship behavior di antara pegawai dengan menggunakan Emotional Competence Inventory 2.0 untuk mengukur kecerdasan emosional pada tahap recruitment serta menambahkan kegiatan forum diskusi pada internal development program sebagai upaya menjaga dan mengelola hubungan antar karyawan maupun atasan dalam rangka mempertahankan ikatan emosional yang telah terbentuk.

Kata kunci: kecerdasan emosional, organizational citizenship behavior, pegawai

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 05 Feb 2024 03:49
Last Modified: 05 Feb 2024 03:49
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12527

Actions (login required)

View Item View Item