Search for collections on Undip Repository

PERLINDUNGAN KONSUMEN GENKI SUSHI TERHADAP PROMOSI MAKANAN SEBELUM MEMILIKI SERTIFIKASI HALAL MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 33 TAHUN 2014 TENTANG JAMINAN PRODUK HALAL_ 010 DG 2023

ARDANI, DEFINA AULIA and Njatrijani, Rinitami and Rahmanda, Bagus (2023) PERLINDUNGAN KONSUMEN GENKI SUSHI TERHADAP PROMOSI MAKANAN SEBELUM MEMILIKI SERTIFIKASI HALAL MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 33 TAHUN 2014 TENTANG JAMINAN PRODUK HALAL_ 010 DG 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sertifikasi halal di Indonesia diatur melalui Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal. Pengadaan jaminan produk halal salah satunya dilakukan untuk memberikan perlindungan konsumen sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Di dalam Undang-Undang Perlindungan Konsumen, terdapat beberapa larangan yang ditujukan kepada pelaku usaha, salah satunya adalah larangan mengenai kegiatan promosi. Pelaku usaha dilarang untuk melakukan kegiatan promosi yang dapat merugikan konsumen. Penulisan hukum ini mengangkat dua permasalahan pokok yaitu mengenai peraturan sertifikasi halal di Indonesia dan implikasinya terhadap konsumen serta perlindungan konsumen dalam kasus Genki Sushi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis normatif. Penelitian dilakukan dengan melakukan pendekatan terhadap peraturan perundang-undangan dan implikasinya dengan peraturan lainnya. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan penelitian kepustakaan melalui literatur baik berupa fisik maupun non fisik. Hasil penelitian ini memberikan kesimpulan mengenai regulasi yang mengatur sertifikasi halal di Indonesia dan kaitannya terhadap perlindungan konsumen. Adanya peraturan mengenai sertifikasi halal memberikan dampak dalam pelaksanaan perlindungan konsumen dan keduanya saling berkaitan satu sama lain. Dalam hal ini, penegakan regulasi mengenai sertifikasi halal menjadi salah satu bentuk perwujudan tujuan perlindungan konsumen. Sedangkan dalam kasus Genki Sushi, larangan mengenai kegiatan promosi yang dilakukan oleh Genki Sushi merupakan hal yang harus diperhatikan oleh seluruh pelaku usaha. Dalam memberikan promosi, pelaku usaha harus memberikan jaminan terhadap produk yang mereka jual. Hal itu merupakan salah satu upaya pemenuhan kewajiban pelaku usaha dan pemberian hak bagi konsumen. Akibat hukum yang dapat diberikan kepada pelaku usaha dapat berupa sanksi administratif dan sanksi pidana. Namun kedua sanksi tersebut dapat diberikan apabila terdapat aduan dari konsumen melalui Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen.
Kata Kunci: Perlindungan Konsumen, Sertifikasi Halal, Genki Sushi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Konsumen, Sertifikasi Halal, Genki Sushi
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 26 Oct 2023 07:48
Last Modified: 26 Oct 2023 07:48
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12525

Actions (login required)

View Item View Item