Search for collections on Undip Repository

AKIBAT HUKUM PADA INFLUENCER ATAS JASA ENDORSEMENT TERHADAP KETIDAKSESUAIAN PRODUK MELALUI MEDIA SOSIAL BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999_015 DG 2023

FADILAH, ALFIA AMAR and Njatrijani, Rinitami and Irawati, Irawati (2023) AKIBAT HUKUM PADA INFLUENCER ATAS JASA ENDORSEMENT TERHADAP KETIDAKSESUAIAN PRODUK MELALUI MEDIA SOSIAL BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999_015 DG 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Endorsement merupakan bentuk iklan yang berbayar melalui media sosial dengan menggunakan jasa seorang influencer atau tokoh-tokoh yang memiliki pengaruh besar kepada masyarakat. Endorsement ini merupakan salah satu inovasi baru atau strategi marketing yang efektif untuk meningkatkan hasil penjualan. Endorsement bertujuan untuk meningkatkan awareness atau kesadaran suatu brand kepada konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perlindungan
hukum bagi para konsumen yang terdampak dan mengetahui akibat hukum influencer yang melakukan endorsement melalui media sosial yang tidak sesuai dengan produk aslinya menurut UUPK. Metode pendekatan dalam penelitian ini adalah yuridis normatif dengan menggunakan data primer dan data sekunder.
Hasil dari penelitian ini yaitu banyak menjumpai endorsement yang mengandung pernyataan-pernyataan yang tidak sesuai dengan apa yang sebenarnya bahkan dapat menyesatkan para konsumen yang hendak membeli produk. Padahal penyampaian informasi terhadap produk kepada para konsumen harus benar atau jujur dengan apa yang ada supaya tidak salah persepsi yang ditangkap oleh para konsumen. Pelaku usaha periklanan yang ada pada UUPK kedudukan hukumnya sama dengan influencer. Maka dari itu, para influencer wajib tunduk terhadap peraturan yang berlaku. Apabila para influencer melakukan penyebaran berita bohong dan menyesatkan yang berujung pada ruginya para konsumen, maka akan diancam pidana.
Kata Kunci: Akibat Hukum, Influencer, Endorsement, Media Sosial

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 09 Nov 2023 06:41
Last Modified: 09 Nov 2023 06:41
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12510

Actions (login required)

View Item View Item