Search for collections on Undip Repository

PEMBUATAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE PADA GAME SIMULASI VIRTUAL REALITY TENIS MEJA MENGGUNAKAN TEKNIK RBS (RULE BASED SYSTEM)

Yovie W. N., Baptista Varani (2020) PEMBUATAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE PADA GAME SIMULASI VIRTUAL REALITY TENIS MEJA MENGGUNAKAN TEKNIK RBS (RULE BASED SYSTEM). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
JUDUL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (809kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)

Abstract

Game menjadi salah satu industri yang berkembang pesat pada saat ini. Unsur yang berperan
penting dalam sebuah game agar menarik yaitu Artificial Intelligence (Al) yang sering dijumpai
dalam bentuk Non-Playable Character (NPC). Penggunaan Al diimplementasikan dalam
pembuatan simulasi game tenis meja yang diperlukan 2 pemain, sehingga game tersebut dapat
dimainkan. Metode atau teknik Artificial Intelligence yang tepat untuk diimplementasikan game ini
yaitu Rule-based Systems (RBS) agar nantinya perilaku NPC akan bergerak sesuai aturan yang
telah dibuat oleh pakar. Pembuatan Al ini bertujuan untuk membuat pemain senang saat AI
ditanamkan pada NPC berperan sebagai lawan dalam permainan.

Penulis mengawali penenlitian ini dengan desain, pengumpulan materi, dan perancangan
algoritma dengan diagram alir. Perancangan Al simulasi game VR tenis meja dilakukan dengan
menggunakan perangkat lunak Unity yang bekerja pada sistem operasi Windows. Pengujian
aplikasi dilakukan dengan menggunakan teori probabilitas dasar. Probabilitas menggambarkan
setiap kejadian punya setidaknya dua hasil yang memungkinkan, yaitu hasil yang diinginkan
(sukses) dan hasil yang tidak diinginkan (gagal).

Hasil pengujian teori probabilitas dasar menunjukkan pembuatan AI pada NPC dalam bentuk
bet telah berfungsi dengan baik. Kesimpulan yang di dapat bahwa penggunaan metode RBS pada
NPC untuk game PingPongVR+Kinect telah berhasil ditanamkan. Gerakan NPC tersebut diatur
sesuai peraturan tenis meja yang sebenarnya sehingga NPC dapat bergerak dan berpikir sesuai aturan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Artificial Intelligence, Non-Playable Character, Unity, tenis meja, probabilitas
Subjects: Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Computer Engineering
Depositing User: Teknik Komputer
Date Deposited: 08 May 2023 07:21
Last Modified: 17 May 2023 02:15
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12499

Actions (login required)

View Item View Item