Septiviani, Evita Cindy (2020) GAME EDUKASI APALIN (AYO PATUHI ATURAN LALU LINTAS) UNTUK PENGECEKAN KELENGKAPAN KENDARAAN RODA EMPAT. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.
Text
JUDUL.pdf Download (752kB) |
|
Text
BAB I.pdf Restricted to Repository staff only Download (152kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (436kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (164kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Pada zaman sekarang, teknologi telah berperan banyak dalam kehidupan
manusia dari berbagai macam aspek, salah satunya adalah edukasi. Berkat adanya
teknologi, kini metode pembelajaran tidak hanya terpaku pada metode klasik tatap
muka saja, tetapi banyak metode pembelajaran lain yang dapat diaplikasikan ke
dalam dunia edukasi, contohnya menggunakan game edukasi. Melalui game
edukasi, pelajar tidak hanya akan mempelajari ilmu secara intelektual, tetapi juga
secara motorik dikarenakan interaksi yang terdapat dalam game.
APALIN (Ayo Patuhi Aturan Lalu Lintas) adalah sebuah game edukasi yang
memberikan pembelajaran mengenai peraturan dalam berlalu lintas dengan sasaran
anak usia 6-15 tahun. APALIN memiliki 3 kategori permainan dengan topik lalu
lintas yang berbeda. Laporan ini akan membahas mengenai salah satu kategori
permainan, yaitu kategori pengecekan kelengkapan kendaraan roda empat. Pada
pembuatannya, game edukasi APALIN telah mendapatkan persetujuan dan kerja
sama dengan pihak Ditlantas Polda Jawa Tengah. Metode yang digunakan untuk
pembuatan APALIN ialah metode Game Development Life Cycle (GDLC) yang
mana menerapkan proses-proses pembuatan game dari awal produksi hingga
perilisan.
Pembuatan kategori game ini menggunakan Unity 2D sebagai game engine,
Paint Tool SAI dan Adobe Illustrator CC 2015 sebagai software pembuatan aset
dan objek pada game, Fruity Loop Studio 2010 sebagai software pembuatan musik
dan efek suara, serta bahasa pemrograman C# untuk memasukkan script dalam
Unity 2D. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah game edukasi dengan nama
APALIN (Ayo Patuhi Aturan Lalu Lintas) dengan kategori pengecekan
kelengkapan kendaraan roda empat yang kemudian ditambahkan sebagai bagian
dari aplikasi APALIN dalam sistem operasi Android.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Game, Edukasi, Multimedia, Unity 2D, Android, GDLC, Black-box, Kuisioner, Skala Likert |
Subjects: | Engineering |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Computer Engineering |
Depositing User: | Teknik Komputer |
Date Deposited: | 27 Apr 2023 07:09 |
Last Modified: | 26 May 2023 07:41 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12476 |
Actions (login required)
View Item |