Pamungkas, Addam Triatmadja (2020) PEMBUATAN GAME PUZZLE WAYANG PANDHAWA 5 BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN UNITY 3D. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.
Text
JUDUL.pdf Download (3MB) |
|
Text
BAB I.pdf Restricted to Repository staff only Download (431kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (362kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (181kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (974kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (454kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (8kB) |
Abstract
Seiring berkembangnya teknologi, game menjadi media hiburan yang banyak diminati
sebagian besar masyarakat saat ini. Selain menjadi hiburan, game juga bisa dijadikan sebagai media
memperluas wawasan. Terutama wawasan peninggalan sejarah budaya yang hampir terkikis oleh
zaman dan perkembangan teknologi. Kebudayaan Wayang, anak-anak maupun orang dewasa sudah
asing dengan pengetahuan/cerita tentang Wayang. Oleh sebab itu, dengan memanfaatkan game
sebagai media yang mudah dijangkau oleh berbagai masyarakat, dalam penelitian ini penulis akan
merancang dan membangun game yang menyatukan wawasan budaya Wayang, yaitu Wayang
Pandhawa Lima. Dipadukan dengan game ber-genre Puzzle, pengguna akan dihadapkan dengan
pecahan-pecahan puzzle yang bergambarkan tokoh-tokoh Wayang Pandhawa Lima. Dimana setelah
menyelesaikan pecahan puzzle yang sudah tersusun, pengguna dapat membaca informasi wayang
yang telah mereka susun tersebut.
Pembuatan game puzzle Wayang Pandhawa Lima ini dikembangkan dengan metode
Multimedia Development Life Cycle (MDLC) meliputi konsep, desain, pengumpulan materi,
pembuatan, pengujian, dan distribusi. Proses pembuatan dilakukan dengan menggunakan perangkat
lunak Unity 3D yang bekerja pada perangkat telfon pintar bersistem operasi Android . Aplikasi ini
telah diuji menggunakan metode Blackbox serta Pengujian Pengguna dengan metode kuesioner
kepada 15 responoden.
Hasil dari tugas akhir ini adalah aplikasi telah berjalan sesuai dengan kebutuhan dengan
nilai aspek user interface sebesar 79.11% dikategorikan baik , nilai aspek usability sebesar 84.67%
dikategorikan baik dan nilai aspek user experience sebesar 84.44% dikategorikan baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Game;Android; Pandhawa Lima ; MDLC; Unity3D |
Subjects: | Engineering |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Computer Engineering |
Depositing User: | Teknik Komputer |
Date Deposited: | 17 Apr 2023 04:39 |
Last Modified: | 25 May 2023 06:58 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12451 |
Actions (login required)
View Item |