Search for collections on Undip Repository

PENILAIAN RISIKO KEBAKARAN DITINJAU DARI KESIAPAN PENERAPAN SISTEM PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN KEJADIAN KEBAKARAN DI PT. WIJAYA KARYA BETON BOYOLALI TBK.

FAJARINI, AULYA RIZKY (2023) PENILAIAN RISIKO KEBAKARAN DITINJAU DARI KESIAPAN PENERAPAN SISTEM PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN KEJADIAN KEBAKARAN DI PT. WIJAYA KARYA BETON BOYOLALI TBK. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO AULYA.pdf - Published Version

Download (483kB)

Abstract

Kebakaran berawal dari api kecil yang tidak disengaja atau disebut api awal, apabila api dapat dikendalikan maka kejadian kebakaran tidak akan timbul, namun apabila tidak dapat dikendalikan maka api tersebut dapat menjadi kejadian kebakaran, dan api tersebut akan semakin membesar dalam waktu yang singkat. Kebakaran disebabkan oleh oksidasi dan melibatkan tiga aspek yakni bahan bakar, oksigen, dan sumber panas. Apabila tiga unsur tersebut terlibat maka akan menimbulkan kebakaran yang nantinya dapat menyebabkan kerugian harta benda hingga kematian. Latar belakang penelitian ini yaitu karena kegiatan di PT Wijaya Karya Beton Boyolali Tbk. memiliki mesin boiler yang bertekanan suhu tinggi, adanya campuran air dan oli bekas yang tidak berada pada tempatnya, serta dalam kegiatan produksinya banyak menggunakan mesin yang dapat berpotensi kebakaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan penilaian risiko kebakaran ditinjau dari kesiapan penerapan sistem pencegahan dan penanggulangan kejadian kebakaran di PT. Wijaya Karya Beton Boyolali Tbk. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode observasi dan wawancara. Analisis data penelitian ini menggunakan pedoman AS/NZ 4360:2004. Hasil penelitian menunjukkan adanya kesesuaian semua sarana proteksi kebakaran dengan peraturan yang berlaku sebesar 70,9% dan termasuk ke dalam risiko Moderate.

Kata kunci : kebakaran, sarana proteksi aktif, sarana penyelamat jiwa,
unit penanggulangan kebakaran, analisis risiko kebakaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 11 Apr 2023 07:18
Last Modified: 11 Apr 2023 07:18
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12423

Actions (login required)

View Item View Item