Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN PERILAKU IBU DENGAN TINGKAT KEPARAHAN ISPA PADA ANAK BALITA (24 – 59 BULAN) DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PUDAK PAYUNG KOTA SEMARANG

AZALIA, ANGELA PUTRI VERONAKRISTI (2023) HUBUNGAN PERILAKU IBU DENGAN TINGKAT KEPARAHAN ISPA PADA ANAK BALITA (24 – 59 BULAN) DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PUDAK PAYUNG KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO ANGELA EDIT.pdf - Published Version

Download (432kB)

Abstract

Penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) merupakan salah satu penyakit menular yang menjadi penyebab utama morbiditas dan mortalitas pada balita. ISPA dipengaruhi oleh banyak faktor risiko yaitu faktor individu, faktor internal, faktor eksternal, dan faktor perilaku seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan perilaku ibu dengan tingkat keparahan ISPA pada anak balita (24 – 59 bulan) di Wilayah Kerja Puskesmas Pudak Payung Kota Semarang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan pendekatan cross-sectional. Populasi penelitian ini adalah seluruh ibu yang memiliki anak balita pernah menderita ISPA di Wilayah Kerja Puskesmas Pudak Payung. Besar sampel 91 responden yang diambil secara acak sederhana. Untuk mengetahui hubungan variabel independen dengan variabel dependen digunakan uji statistik yaitu korelasi rank spearman. Berdasarkan hasil penelitian jumlah balita yang menderita ISPA ringan sebanyak 49 responden, 27 responden menderita ISPA sedang, dan 15 responden menderita ISPA berat. Sebagian besar responden memiliki pengetahuan kurang baik (44,0%), sikap mendukung (72,5%), dan tindakan kurang baik (46,2%). Hasil uji statistik menunjukkan bahwa pengetahuan ibu (r = 0,553**, p-value = 0,000) dan tindakan ibu (r = 0,516**, p-value = 0,000) berhubungan siginifikan, kuat, dan searah dengan tingkat keparahan ISPA pada anak balita, sedangkan sikap ibu (r = 0,079, p-value = 0,454) berhubungan sangat lemah dengan tingkat keparahan ISPA pada anak balita. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada hubungan signifikan yang kuat antara pengetahuan dan tindakan ibu dengan tingkat keparahan ISPA pada anak balita. Disarankan bagi ibu untuk meningkatkan pengetahuan dan tindakan tentang ISPA pada balita.
Kata Kunci : Pengetahuan, Sikap, Tindakan, ISPA

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 10 Apr 2023 02:02
Last Modified: 15 May 2023 06:37
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12408

Actions (login required)

View Item View Item