Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN RIWAYAT PAPARAN PESTISIDA DENGAN KEJADIAN HIPERTENSI PADA PETANI PENYEMPROT HORTIKULTURA DI DESA GOMBONG KECAMATAN BELIK KABUPATEN PEMALANG

FADZILLAH, MUSHIYAM NURUL (2023) HUBUNGAN RIWAYAT PAPARAN PESTISIDA DENGAN KEJADIAN HIPERTENSI PADA PETANI PENYEMPROT HORTIKULTURA DI DESA GOMBONG KECAMATAN BELIK KABUPATEN PEMALANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO MUSHIYAM.pdf - Published Version

Download (433kB)

Abstract

Penggunaan pestisida di Desa Gombong Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang tergolong tinggi. Tingginya paparan pestisida dapat menyebabkan salah satu masalah kesehatan, yaitu tekanan darah tinggi (hipertensi). Studi pendahuluan yang dilakukan pada 27 petani, menunjukkkan 22 (81%) petani mengalami hipertensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui hubungan riwayat paparan pestisida dengan kejadian hipertensi pada petani penyemprot hortikultura di Desa Gombong Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang. Jenis penelitian ini adalah penelitian analitik observasional dengan desain studi cross sectional. Sampel diambil secara purposive sampling berjumlah 64 responden dari 7 kelompok tani aktif di Desa Gombong yang memiliki komoditas pertanian hortikultura. Pengambilan data dilakukan dengan mengukur tekanan darah dan wawancara kuesioner. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah masa kerja, lama kerja, frekuesni penyemprotan, penggunaan APD, penyimpanan pestisida, dan jenis pestisida. Variabel terikat adalah kejadian hipertensi. Analisis data menggunakan analisis univariat dan analisis bivariat menggunakan uji Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masa kerja (p=0,033), lama kerja (p=0,016), frekuensi penyemprotan (p=0,002), dan penggunaan APD (p=0,04) memiliki korelasi bermakna (p<0,05). Sedangkan pada variabel penyimpanan pestisida (p=0,576), riwayat keluarga (p=1), IMT (p=0,815), kebiasaan merokok (p=0,520), dan jenis pestisida (0,078) tidak memiliki korelasi bermakna (p>0,05). Kesimpulan dari penelitian ini yaitu, terdapat hubungan antara riwayat paparan pestisida dengan kejadian hipertensi pada petani penyemprot hortikultura di Desa Gombong Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang.

Kata Kunci : Pestisida, Petani Hortikultura, Hipertensi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 06 Apr 2023 07:07
Last Modified: 06 Apr 2023 07:07
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12393

Actions (login required)

View Item View Item