Search for collections on Undip Repository

AKSESIBILITAS PADA RUANG TERBUKA PUBLIK DI KOTA BANDUNG (Studi Kasus: Teras Cikapundung, Taman Olahraga Lapangan Gasibu, Alun-Alun Kota Bandung)

AZIZAH ISMAIL, NURWIDYAH (2022) AKSESIBILITAS PADA RUANG TERBUKA PUBLIK DI KOTA BANDUNG (Studi Kasus: Teras Cikapundung, Taman Olahraga Lapangan Gasibu, Alun-Alun Kota Bandung). Masters thesis, Undip.

[img] Text
Cover.docx - Submitted Version

Download (156kB)
[img] Text
Abstrak.docx - Submitted Version

Download (13kB)
[img] Text
Bab I.docx - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
Bab II.docx - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (392kB)
[img] Text
Bab III.docx - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] Text
BAB IV.docx - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (84MB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.docx - Submitted Version

Download (12kB)

Abstract

Teras Cikapundung, Taman Lapangan Olahraga Gasibu, dan Alun-Alun Bandung merupakan ruang terbuka publik aktif di Kota Bandung. Dalam penggunaan ruang terbuka publik diperlukan kesetaraan untuk anak-anak, lansia, dan orang yang memiliki keterbatasan. Desain universal merupakan bentuk perwujudan dari konsep persamaan hak. Sehingga pengembangan setiap ruang terbuka publik seharusnya mengikuti acuan pada desain yang ramah bagi setiap orang tanpa melihat perbedaan agar dapat mudah diakses dan digunakan. Namun, yang terjadi dilapangan terdapat beberapa akses yang tidak dapat digunakan oleh orang-orang yang memiliki kebutuhan khusus, kaum lansia, dan anak-anak karena tidak dirancang sesuai dengan kaidah-kaidah dari desain universal. Tujuan dari peneitian ini untuk menganalisa aksesibilitas pada ruang terbuka publik di Kota Bandung (Teras Cikapundung, Taman Lapangan Olahraga Gasibu, dan Alun-Alun Bandung). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif rasionalistik dengan mengumpulkan data mengenai ruang terbuka publik dan observasi lapangan yang selanjutnya akan dibandingkan dengan kebijakan pemerintah dan prinsip desain universal. Pengumpulan data dilakukan dengan dua acara yaitu penggumpulan data primer yang diperoleh dengan cara observasi langsung, angket, dan wawancara dengan pengunjung maupun masyarakat setempat, sedangkan pengumpulan data sekunder berupa data dokumentasi baik laporan, jurnal, dan buku yang terkait dengan penelitian. Setelah pengumpulan data selesai dilakukan analisis data melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan berikut verifikasi. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi mengenai desain aksesibilitas pada ruang terbuka publik dan dapat digunakan sebagai bahan untuk penelitian selanjutnya.

Kata Kunci: Desain Universal, Ruang Terbuka Publik, Aksesibilitas

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Engineering > Architecture Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Master Program in Architecture
Depositing User: Magister Arsitektur
Date Deposited: 06 Apr 2023 04:50
Last Modified: 06 Apr 2023 04:52
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12391

Actions (login required)

View Item View Item