Search for collections on Undip Repository

Formulasi Sediaan Tablet Kunyah Ekstrak Etanol Daun Sambiloto (Andrographis paniculata Ness) Dengan Kombinasi Manitol - Laktosa Sebagai Bahan Pengisi

Pradita, Narulita Widhi and Anam, Khairul and Ekawati, Nuraini (0022) Formulasi Sediaan Tablet Kunyah Ekstrak Etanol Daun Sambiloto (Andrographis paniculata Ness) Dengan Kombinasi Manitol - Laktosa Sebagai Bahan Pengisi. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK_Narulita Widhi Pradita)
ABSTRAK_Narulita Widhi Pradita.pdf

Download (35kB)

Abstract

Latar Belakang: Diabetes melitius dapat diatasi dengan mengkonsumsi obat alternatif yang berasal dari herbal seperti daun sambiloto. Belum adanya penelitian terkait pembuatan tablet kunyah daun sambiloto maka penelitian ini dikembangkan menjadi bentuk sediaan tablet kunyah dengan kombinasi bahan pengisi manitol dan laktosa.

Tujuan : Mengetahui pengaruh variasi kombinasi manitol dan laktosa terhadap sifat fisik tablet kunyah ekstrak etanol daun sambiloto, menentukan kombinasi optimum dari manitol dan laktosa sebagai bahan pengisi tablet kunyah.
Metode : Penelitian eksperimental laboratorium. Di awali karakterisasi simplisia dan ekstrak. Ekstrak etanol daun sambiloto di formulasikan dalam sediaan tablet kunyah dengan variasi manitol dan laktosa : F1 (100:0), F2 (75:25), F3 (50:50), F4 (25:75), F5 (0:100). Evaluasi yang dilakukan meliputi evaluasi granul, uji keseragaman ukuran, keseragaman bobot, kerapuhan, kekerasan dan uji penerimaan rasa. Penentuan formula optimum dengan metode Simplex Lattice Design, dan analisis data dengan ANOVA.

Hasil : Hasil karakterisasi simplisia dan ekstrak telah memenuhi persyaratan mutu dalam Farmakope Herbal. Sedangkan evaluasi granul dan evaluasi tablet di dapatakan hasil memenuhi syarat yang ditentukan oleh Farmakope Indonesia Edisi III. Berdasarkan penilaian kualitas rasa pada formula 3 memiliki rasa yang paling manis dibandingkan ke lima formula.

Kesimpulan : Sediaan tablet kunyah ekstrak etanol daun sambiloto dengan variasi kombinasi manitol dan laktosa mempengaruhi sifat fisik tablet meliputi kecepatan alir granul, kekerasan, dan kerapuhan. Formula optimum tablet kunyah terdapat pada formula 3 yaitu perbandingan 50:50

Kata kunci : daun sambiloto, tablet kunyah, manitol,laktosa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: daun sambiloto, tablet kunyah, manitol,laktosa
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Pharmacy
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 04 Apr 2023 06:09
Last Modified: 04 Apr 2023 06:09
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12342

Actions (login required)

View Item View Item