Search for collections on Undip Repository

Hubungan antara Androstenedione dan 17-Hidroksiprogesteron dengan Adiponektin pada Anak dengan Hiperplasia Adrenal Kongenital

fauziah, ayu and Utari, Agustini (2022) Hubungan antara Androstenedione dan 17-Hidroksiprogesteron dengan Adiponektin pada Anak dengan Hiperplasia Adrenal Kongenital. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK-TESIS)
ABSTRAK upload.pdf

Download (91kB)

Abstract

Latar belakang: Hiperplasia Adrenal Kongenital (HAK) merupakan kelainan resesif autosomal yang mengganggu steroidogenesis adrenal. HAK berisiko mengalami efek samping pengobatan glukokortikoid yaitu obesitas. Adiponektin merupakan faktor endokrin yang disintesis dan dilepaskan dari jaringan adipose, dan memiliki sifat yang peka terhadap insulin, anti-aterogenik, dan anti-inflamasi. Pada penelitian sebelumnya didapatkan kadar adiponektin pada HAK lebih tinggi dibandingkan dengan kontrol, sedangkan pada obesitas didapatkan penurunan kadar adiponektin. Selain karena obesitas penurunan adiponektin disebabkan karena pubertas, terkait androgen plasma. Masih terdapat kontroversi kadar adiponektin pada penderita HAK. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan 17-OHP dan androstenedion dengan adiponektin pada anak dengan HAK.
Metode: Suatu studi potong lintang dilakukan pada anak HAK di RS Nasional Diponegoro Semarang, Indonesia. Androstenedion dan 17-OHP dinilai menggunakan sampel saliva. Sampel darah dievaluasi untuk kadar adiponektin. Status obesitas diketahui berdasarkan grafik pertumbuhan CDC.
Hasil: Sebanyak 35 pasien HAK ikut dalam penelitian (2-16 tahun). Terdapat perbedaan bermakna pada IMT-Z score (p = 0.005), kadar androstenedione (p = 0.008) dan kadar adiponektin (p = 0.045) pada kelompok pre-pubertas dan pubertas. Terdapat korelasi antara kadar 17-OHP terhadap kadar adiponektin (r -0.392, p = 0.020) dan IMT-Z Score terhadap adiponektin (r -0.442, p = 0.008).
Kesimpulan: Tidak didapatkan hubungan Androstenedione dengan adiponektin pada pasien anak dengan HAK. Namun didapatkan korelasi negatif lemah antara 17-OHP dengan adiponektin pada pasien anak dengan HAK.

Kata Kunci: Hiperplasia Adrenal Kongenital, Androstenedione, 17-Hidroksiprogesteron, Adiponektin, Pubertas, IMT

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Hiperplasia Adrenal Kongenital, Androstenedione, 17-Hidroksiprogesteron, Adiponektin, Pubertas, IMT
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Master Program of Specialist Medical
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 04 Apr 2023 02:37
Last Modified: 04 Apr 2023 02:37
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12336

Actions (login required)

View Item View Item