Search for collections on Undip Repository

Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Remisi Pada Anak Dengan Sindrom Nefrotik Resisten Steroid Yang Mendapatkan Siklosporin

AZMI, AHMAD ULIL and MURYAWAN, MUHAMMAD HERU (2023) Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Remisi Pada Anak Dengan Sindrom Nefrotik Resisten Steroid Yang Mendapatkan Siklosporin. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (Abstrak)
AHMAD ULIL AZMI-22040317320025-TESIS-ABSTRAK.pdf

Download (88kB)

Abstract

Pendahuluan: Sindrom nefrotik resisten steroid (SNRS) merupakan masalah kesehatan anak akibat penyakitnya sendiri maupun pengobatan dalam jangka waktu lama. Siklosporin merupakan salah satu pilihan obat untuk SNRS bersama prednison. Beberapa faktor dilaporkan dapat mempengaruhi remisi pada pengobatan yang menggunakan Siklosporin.
Tujuan: Membuktikan hubungan antara usia saat onset, jenis kelamin, kadar albumin, status gizi dan infeksi dengan terjadinya remisi pada anak SNRS yang mendapatkan pengobatan siklosporin.
Metode: Penelitian cross sectional pada anak SNRS yang mendapatkan terapi siklosporindan telah selesai di rumah sakit pusat. Data usia saat onset, jenis kelamin, kadar albumin, status gizi dan infeksi diambil dari rekam medis. Analisis menggunakan uji Chi Square.
Hasil: Penelitian ini mendapatkan 64 subyek anak SNRS yang mendapatkan siklosporin, terbagi 32 subyek kelompok remisi dan 32 subyek kelompok tidak remisi. Faktor yang mempengruhi remisi adalah usia saat onset (p=0,002), kadar albumin (p=0,044) dan status gizi (p=0,000). Faktor jenis kelamin dan kejadian infeksi tidak mempengaruhi remisi (p=0,412 dan p=0,790)
Kesimpulan: Remisi pada anak SNRS yang mendapatkan siklosporin dipengaruhi oleh Faktor usia saat onset, kadar albumin dan status gizi.
Kata kunci: Sindrom nefrotik resisten steroid anak , siklosporin, remisi

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Sindrom nefrotik resisten steroid anak , siklosporin, remisi
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Master Program of Specialist Medical
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 03 Apr 2023 05:56
Last Modified: 03 Apr 2023 05:56
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12327

Actions (login required)

View Item View Item