Search for collections on Undip Repository

PENGARUH PENGGUNAAN PATI GANYONG SEBAGAI BAHAN PENGHANCUR TERHADAP SIFAT FISIK TABLET IBUPROFEN

Hidayah, Intan Nur and Anam, Khairul and Ekawati, Nuraini (2023) PENGARUH PENGGUNAAN PATI GANYONG SEBAGAI BAHAN PENGHANCUR TERHADAP SIFAT FISIK TABLET IBUPROFEN. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (Abstrak Tugas Akhir Farmasi UNDIP_Intan Nur Hidayah)
Abstrak Tugas Akhir Farmasi UNDIP_Intan Nur Hidayah.pdf

Download (9kB)

Abstract

Latar Belakang: Bahan penghancur merupakan salah satu jenis bahan tambahan yang memiliki peranan penting dalam proses pembuatan tablet yaitu dapat memecah tablet mejadi partikel yang lebih kecil. Pati ganyong dapat dimanfaatkan sebagai bahan penghancur dikarenakan kandungan amilopektinnya yang cukup tinggi.
Tujuan: Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh pati ganyong yang digunakan sebagai bahan penghancur terhadap sifat fisik tablet ibuprofen.
Metode: Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pembuatan empat formula tablet ibuprofen dengan variasi kadar penambahan pati ganyong sebagai bahan penghancur antara lain: Formula I 5%; Formula II 7,5%; Formula III 10%; dan Formula IV 12,5%. Metode pembuatan tablet ibuprofen yaitu dengan metode granulasi basah. Granul yang sudah melalui proses pengeringan diuji waktu alir, sudut diam dan pengetapan, serta untuk tablet diuji sifat fisiknya meliputi keseragaman bobot, kekerasan, waktu hancur dan kerapuhan tablet.
Hasil: Hasil uji sifat fisik granul dan tablet dianalisis secara statistik menggunakan uji anova satu arah dan uji kruskal wallis didapatkan hasil bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan terhadap karakteristik fisik tablet ibuprofen dengan menggunakan bahan penghancur pati ganyong.
Kesimpulan: Penggunaan pati ganyong sebagai bahan penghancur dapat mempengaruhi sifat fisik tablet ibuprofen.

Kata kunci: pati ganyong, bahan penghancur, tablet ibuprofen

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pati ganyong, bahan penghancur, tablet ibuprofen
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Pharmacy
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 04 Apr 2023 02:51
Last Modified: 04 Apr 2023 02:51
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12314

Actions (login required)

View Item View Item