Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN GANGGUAN PERSEPSI INDRA PERASA DENGAN KEJADIAN SARKOPENIA PADA LANJUT USIA DI SEMARANG

Alwin, Antonio and Probosari, Enny and Candra, Aryu and Puruhita, Niken and Christianto, Febe (2023) HUBUNGAN GANGGUAN PERSEPSI INDRA PERASA DENGAN KEJADIAN SARKOPENIA PADA LANJUT USIA DI SEMARANG. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (11kB)

Abstract

Latar belakang: Proses penuaan berkaitan dengan menurunnya ambang persepsi 5 macam rasa dasar (manis, asin, pahit, asam,dan umami) sehingga dapat menyebabkan penurunan asupan. Sarkopenia disebabkan oleh penurunan fungsi disertai massa otot yang dikaitkan dengan pertambahan usia. Penurunan asupan pada lansia mempercepat proses terjadinya sarkopenia.
Tujuan: Menjelaskan hubungan gangguan persepsi indra perasa dengan kejadian sarkopenia pada lansia di Semarang
Metode penelitian: Penelitian observasional dengan desain cross sectional. Melibatkan 49 subyek penelitian yang telah memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Data penelitian dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis uji Chi kuadrat dengan bantuan program SPSS versi 23.
Hasil: Didapatkan 55,11% lansia dengan sarkopenia mengalami gangguan indra perasa. Lansia dengan sarkopenia memiliki risiko mengalami gangguan indra perasa sebesar 2,67 kali lipat lebih tinggi dibandingkan lansia yang tidak mengalami sarkopenia.
Simpulan: Ada hubungan signifikan secara statistik antara kejadian gangguan indra perasa dengan kejadian sarkopenia pada lansia.
Kata kunci: sarkopenia, gangguan indra perasa, lansia

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: sarkopenia, gangguan indra perasa, lansia
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Master Program of Specialist Medical
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 31 Mar 2023 01:54
Last Modified: 31 Mar 2023 01:54
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12297

Actions (login required)

View Item View Item