Search for collections on Undip Repository

Status Gizi dan Kejadian Obesitas Sentral pada Pengguna Vape (Rokok Elektrik) di SMA Negeri 1 Dukun Kabupaten Magelang

Sayekti, Brillian and Pramono, Adriyan and Widyastuti, Nurmasari Status Gizi dan Kejadian Obesitas Sentral pada Pengguna Vape (Rokok Elektrik) di SMA Negeri 1 Dukun Kabupaten Magelang. -. (Unpublished)

[img] Text
Abstrak-Brillian Sayekti.pdf

Download (36kB)

Abstract

Latar belakang : Maraknya klaim mengenai rokok elektrik yang lebih aman dan fenomena vaping (merokok elektrik) yang saat ini menjadi trend di kalangan remaja dapat meningkatkan risiko masalah gizi remaja.
Tujuan : Menjelaskan hubungan kebiasaan vaping dengan status gizi dan kejadian obesitas sentral pada siswa SMA Negeri 1 Dukun Kabupaten Magelang.
Metode : Desain penelitian ini adalah cross-sectional. Subjek berjumlah 31 siswa SMA Negeri 1 Dukun berjenis kelamin laki-laki berusia 15-19 tahun. Status gizi diukur berdasarkan Z-score IMT/U sedangkan obesitas sentral diukur berdasarkan lingkar pinggang. Data kebiasaan vaping meliputi jenis rokok yang dikonsumsi, lama riwayat penggunaan rokok elektrik, jumlah konsentrasi nikotin, dan perilaku penggunaan rokok elektrik diperoleh melalui wawancara. Variabel perancu berupa total asupan energi, karbohidrat, lemak, dan protein diukur dengan metode SQ-FFQ. Data pengetahuan gizi diukur berdasarkan kuesioner, jumlah uang saku diperoleh berdasarkan wawancara, dan aktivitas fisik diukur berdasarkan kuesioner PAQ-A (Physical Activity Questionnaire for Adolescent). Analisis bivariat dilakukan dengan menggunakan uji korelasi Rank Spearman.
Hasil : Kebiasaan vaping berupa jenis rokok yang dikonsumsi tidak berhubungan dengan status gizi (p>0,05) namun berhubungan dengan obesitas sentral (p=0,046). Lama riwayat penggunaan rokok elektrik, jumlah konsentrasi nikotin, dan perilaku penggunaan rokok elektrik tidak berhubungan dengan status gizi dan obesitas sentral (p>0,05). Variabel perancu berupa total asupan gizi, pengetahuan gizi, jumlah uang saku, dan aktivitas fisik tidak berhubungan dengan status gizi maupun obesitas sentral (p>0,05).
Simpulan : Dual user (perokok yang mengonsumsi rokok elektrik dan rokok konvensional sekaligus) berhubungan dengan obesitas sentral.
Kata kunci : Obesitas Sentral, Rokok Elektrik, Status Gizi

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 30 Mar 2023 07:52
Last Modified: 30 Mar 2023 07:52
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12296

Actions (login required)

View Item View Item