Search for collections on Undip Repository

Faktor Determinan Konsumsi Ultra-Processed Foods (UPF) pada Dewasa Muda di Pulau Karimun

Taufik, Kartikawati and Widyastuti, Nurmasari and Marfu’ah Kurniawati, Dewi and Tri Susilo, Mursid Faktor Determinan Konsumsi Ultra-Processed Foods (UPF) pada Dewasa Muda di Pulau Karimun. -. (Unpublished)

[img] Text
Abstrak-Kartikawati Taufik.pdf

Download (97kB)

Abstract

Latar Belakang : UPF merupakan produk makanan padat energi, tinggi lemak jenuh, natrium, dan gula yang berkontribusi pada kualitas diet yang buruk dan peningkatan risiko obesitas. Di Indonesia belum banyak penelitian mengenai faktor yang memengaruhi pemilihan UPF terutama di Pulau Karimun yang merupakan Free Trade Zone sebagai pusat ekspor dan impor barang khususnya UPF ke Pulau Karimun.
Tujuan : Mengetahui hubungan enam faktor determinan dengan konsumsi UPF pada dewasa muda di Pulau Karimun.
Metode : Desain penelitian cross-sectional dengan sampel dewasa muda usia 19-29 tahun sebanyak 52 orang. Variabel yang diteliti yaitu variabel bebas meliputi faktor pengetahuan gizi, daya tarik sensorik, kepraktisan, suasana hati, kebiasaan, dan harga; variabel terikat meliputi frekuensi makan UPF; serta variabel perancu meliputi jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan, dan pendapatan keluarga. Analisis bivariat menggunakan uji chi square untuk data kategorik, uji one way ANOVA untuk data numerik, dan analisis multivariat menggunakan uji regresi logistik berganda.
Hasil : Analisis bivariat menunjukkan tidak terdapat hubungan antara faktor pengetahuan gizi, daya tarik sensorik, kepraktisan, suasana hati, kebiasaan, dan harga dengan konsumsi UPF (p>0,05). Analisis multivariat menunjukkan tidak terdapat hubungan antara faktor pengetahuan gizi dengan konsumsi UPF (OR=8,46, 95%CI:0,17-426,54) setelah dikontrol dengan variabel perancu berdasarkan status sosiodemografi.
Simpulan : Tidak terdapat hubungan antara enam faktor determinan dengan konsumsi UPF. Hal ini menujukkan bahwa bagi kelompok dewasa muda di Indonesia khususnya Pulau Karimun, Kepulauan Riau belum mempertimbangkan faktor tersebut saat mengonsumsi UPF dan kemungkinan dari faktor lain yang belum diteliti.

Kata Kunci : Pengetahuan gizi, ultra-processed foods

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 30 Mar 2023 07:45
Last Modified: 30 Mar 2023 07:45
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12295

Actions (login required)

View Item View Item