Search for collections on Undip Repository

PENERAPAN PRINSIP HIGIENE SANITASI MAKANAN DAN PERSONAL HYGIENE WARUNG MAKAN ONLINE FOOD DELIVERY DI KELURAHAN SEKARAN KOTA SEMARANG

Izzatul Ilmi, Arina and Pramono, Adriyan and Mustaqimatusy Syahadah, Muti’ah and Widyastuti, Nurmasari and Nissa, Choirun PENERAPAN PRINSIP HIGIENE SANITASI MAKANAN DAN PERSONAL HYGIENE WARUNG MAKAN ONLINE FOOD DELIVERY DI KELURAHAN SEKARAN KOTA SEMARANG. -. (Unpublished)

[img] Text
Abstrak-Arina Izzatul.pdf

Download (92kB)

Abstract

Latar Belakang: Adanya pembatasan sosial saat pandemi Covid-19 menimbulkan penurunan jumlah konsumen yang makan di tempat, salah satunya pada warung makan. Hal tersebut menyebabkan meningkatnya warung makan yang melakukan penjualan menggunakan sistem online food delivery. Namun peningkatan tersebut justru membawa tantangan terhadap keamanan makanan.
Tujuan: Untuk mengetahui gambaran penerapan prinsip higiene sanitasi makanan dan personal hygiene pada warung makan online food delivery di Kelurahan Sekaran Kota Semarang.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan pada tiga warung makan di Kelurahan Sekaran, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang. Informan sebanyak 10 orang yang terdiri dari pemilik dan seluruh penjamah makanan. Pengumpulan data dimulai pada bulan November 2022 hingga Januari 2023 menggunakan metode wawancara mendalam dan observasi dengan parameter berdasarkan Permenkes RI nomor 1096 tahun 2011 dan Permenkes RI nomor 14 tahun 2021. Tahapan analisis data yaitu melakukan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validasi atau pengecekan keabsahan data dilakukan dengan metode triangulasi teknik dan sumber.
Hasil: Prinsip higiene sanitasi makanan pada aspek penyimpanan, pengolahan, dan penyajian/pengemasan makanan di ketiga warung makan masih belum memenuhi syarat. Aspek yang telah memenuhi syarat hanya pemilihan/penerimaan bahan makanan. Personal hygiene berkaitan dengan kebersihan individu, cuci tangan, perilaku saat mengolah makanan, dan kelengkapan APD di ketiga warung makan juga masih belum memenuhi syarat. Aspek yang telah memenuhi syarat hanya kondisi kesehatan.
Simpulan: Penerapan prinsip higiene sanitasi makanan dan personal hygiene pada ketiga warung makan online food delivery sebagian besar belum memenuhi syarat.
Kata Kunci: Higiene sanitasi makanan, penjamah makanan, personal hygiene, warung makan

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 30 Mar 2023 06:54
Last Modified: 30 Mar 2023 06:54
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12284

Actions (login required)

View Item View Item