Search for collections on Undip Repository

Pengaruh Kondisi Ekstraksi Menggunakan Pelarut Kolin Klorida-Asam Laktat Terhadap Rendemen Dan Kadar Flavonoid Total Ekstrak Daun Sirih Merah (Piper Crocatum Ruiz &Pav.)

Maharani, Chelsa Auluza and Anam, Khairul and Rohana, Evieta (2023) Pengaruh Kondisi Ekstraksi Menggunakan Pelarut Kolin Klorida-Asam Laktat Terhadap Rendemen Dan Kadar Flavonoid Total Ekstrak Daun Sirih Merah (Piper Crocatum Ruiz &Pav.). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (Chelsa Auliza Maharani_22010318140051_KTI_Abstrak)
Chelsa Auliza Maharani_22010318140051_KTI_Abstrak.pdf

Download (91kB)

Abstract

Latar Belakang: Daun sirih merah dapat dimanfaatkan sebagai antidiabetes karena mengandung senyawa flavonoid yang mampu menghambat aktivitas enzim α-glukosidase. Ekstraksi ultrasonik akan menghasilkan kandungan kimia yang optimal jika dilakukan pada suhu, waktu, dan pelarut yang tepat. Pelarut NADES dikenal sebagai pelarut ramah lingkungan dan alternatif sebagai pengganti pelarut organik.

Tujuan: Mengetahui pengaruh kondisi ekstraksi dalam suhu dan waktu yang optimal melalui ekstraksi ultrasonik pada daun sirih merah menggunakan pelarut NADES kolin klorida-asam laktat terhahap rendemen, kadar flavonoid dan aktivitas inhibisi enzim α-glukosidase.

Metode: Tahapan penelitian meliputi pembuatan dan karakterisasi simplisia, ekstraksi ultrasonik sesuai software Design Expert 11.1.2.0, pengujian respon meliputi rendemen, kadar flavonoid total, dan aktivitas enzim α-glukosidase. Melakukan optimasi suhu dan waktu ekstraksi dengan Respon surface metdhology (RSM).

Hasil: Simplisia daun sirih merah memenuhi kriteria Farmakope Herba Indonesia. Hasil kondisi optimum ekstraksi ultrasonik pada suhu 50°C dan waktu ekstraksi 30 menit menghasilkan nilai respon rendemen sebesar 37.7136%, kadar flavonoid total 319,4630 mg QE/g ekstrak, dan aktivitas inhibisi enzim α glukosidase 14,02%.

Kesimpulan: Rekomendasi optimasi ekstraksi pada suhu 50°C dan waktu 30 menit oleh sofware Design Expert 11.1.2.0 dapat digunakan terhadap respon rendemen dan kadar flavonoid total.

Kata Kunci : Daun sirih merah,Design Expert, NADES, RSM, Ultrasonik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Daun sirih merah,Design Expert, NADES, RSM, Ultrasonik.
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Pharmacy
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 03 Apr 2023 02:25
Last Modified: 03 Apr 2023 02:25
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12279

Actions (login required)

View Item View Item