Search for collections on Undip Repository

IMPLEMENTASI PELAYANAN ANTENATAL CARE (ANC) TERINTEGRASI OLEH BIDAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS MASARAN 2 KABUPATEN SRAGEN

KURNIAZA, FARMATALIA RIDHA (2023) IMPLEMENTASI PELAYANAN ANTENATAL CARE (ANC) TERINTEGRASI OLEH BIDAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS MASARAN 2 KABUPATEN SRAGEN. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO FARMATALIA.pdf - Published Version

Download (483kB)

Abstract

Kematian ibu masih menjadi tantangan yang harus diselesaikan di Kabupaten Sragen. Bidan diposisikan untuk bekerja dalam upaya percepatan penurunan angka kematian ibu dengan memberikan pelayanan antenatal. Pelayanan antenatal tidak hanya sebatas pada pelayanan 10T tetapi juga harus diintegrasikan dengan program-program terkait. Puskesmas Masaran 2 sebagai penyumbang kasus kematian ibu terbanyak di Kecamatan Masaran belum sepenuhnya melaksanakan program-program dalam pelayanan ANC terintegrasi. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis implementasi pelayanan ANC terintegrasi oleh bidan di wilayah kerja Puskesmas Masaran 2. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif melalui wawancara mendalam dan observasi langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses pengimplementasian kebijakan pelayanan ANC terintegrasi, dari 8 program terintegrasi hanya 4 program saja yang dijalankan oleh bidan yang dimana program-program tersebut juga belum melampaui target capaian yang diharapkan. Hal tersebut dipicu oleh adanya bidan yang belum mengikuti seluruh alur kerja sesuai pedoman dan SOP, beban kerja yang berat, sarana dan prasarana yang minimalis, informasi yang diberikan ke bidan mengenai pelayanan ANC terintegrasi monoton, penggunaan poster dan leaflet dalam penyebaran informasi sangat jarang, komunikasi bidan dengan ibu hamil tidak rutin, hanya terdapat beberapa SOP terkait pelayanan ANC terintegrasi untuk bidan yang juga tidak rutin diperbaharui tiap tahunnya, terdapat bidan yang tidak memiliki motivasi intrinsik sehingga cenderung tidak bersungguh-sungguh dan slowrespon, kebanyakan pelatihan hanya diikuti oleh pengelola program saja, dan reward untuk bidan terkait pelayanan ANC terintegrasi tidak ada. Dapat disimpulkan bahwa implementasi pelayanan ANC terintegrasi yang dilakukan oleh bidan belum dilaksanakan secara menyeluruh sesuai dengan Pedoman Pelayanan Antenatal Terpadu.
Kata Kunci : implementasi kebijakan, ANC terintegrasi, bidan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 30 Mar 2023 04:55
Last Modified: 30 Mar 2023 04:55
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12275

Actions (login required)

View Item View Item