Search for collections on Undip Repository

AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK ETANOL DAUN LADA HITAM (Piper nigrum Linn.) TERHADAP Staphylococcus epidermidis

Timur, Lintang Atmaja and Rukmi, MG Isworo and Sunarsih, Endang Sri (2023) AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK ETANOL DAUN LADA HITAM (Piper nigrum Linn.) TERHADAP Staphylococcus epidermidis. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (LINTANG ATMAJA TIMUR_22010317130044_KTI_ABSTRAK)
LINTANG ATMAJA TIMUR_22010317130044_KTI_ABSTRAK.pdf

Download (289kB)

Abstract

Latar Belakang : Lada hitam (Piper nigrum L.) merupakan tanaman rempah yang diketahui memiliki senyawa fitokimia alkaloid, flavonoid, tanin, sapoin, terpenoid, serta steroid yang berpotensi sebagai antibakteri. Penelitian pada bakteri Staphylococcus epidermidis menjadi salah satu hal penting karena peran bakteri tersebut pada kasus resistensi antibakteri di beberapa penyakit infeksi yang menyerang manusia
Tujuan : Mengetahui apakah ekstrak etanol 99% daun lada hitam memiliki aktivitas antibakteri terhadap bakteri S. epidermidis dan mengetahui konsentrasi dari ekstrak yang menunjukkan daya hambat paling tinggi.
Metode : Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan teknik Rancangan Acak Lengkap (RAL). Ekstraksi dilakukan dengan metode maserasi. Ekstrak diuji kandungan fitokimianya dengan uji tabung dan kromatografi lapis tipis (KLT). Pengujian antibakteri dilakukan dengan metode Kirby-Bauer. Perlakuan terdiri dari Kontrol+ (Ciprofloxacin), K– (DMSO 100%), ekstrak etanol 99% daun lada hitam konsentrasi 5%, 10%, 20%, 40%, dan 80%. Data aktivitas antibakteri berupa zona hambat diuji dengan uji statistika
Hasil : Ekstrak etanol 99% daun lada hitam (Piper nigrum L.) mengandung tanin, alkaloid, flavonoid, steroid dan triterpenoid serta negatif saponin dan tidak terdeteksi memiliki senyawa utama piperin pada uji KLT. Ekstrak yang diperoleh tidak memiliki aktivitas antibakteri terhadap S. epidermidis pada konsentrasi 5%, 10%, 20%, 40%, dan 80%.
Kesimpulan : Ekstrak etanol 99% daun lada hitam (Piper nigrum L.) tidak memiliki aktivitas antibakteri terhadap S. epidermidis.

Kata Kunci : Staphylococcus epidermidis, daun lada hitam (Piper nigrum L.), antibakteri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Staphylococcus epidermidis, daun lada hitam (Piper nigrum L.), antibakteri.
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Pharmacy
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 05 Apr 2023 01:43
Last Modified: 05 Apr 2023 01:43
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12265

Actions (login required)

View Item View Item