Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN PERSEPSI DENGAN PERILAKU PENGGUNAAN INTERNET SEBAGAI MEDIA PENCARIAN INFORMASI OBAT SELAMA PANDEMI COVID-19 PADA MASYARAKAT DI KOTA SEMARANG

Nurhafizha, Dika and Annisaa', Eva and Dianingati, Ragil Setia (2023) HUBUNGAN PERSEPSI DENGAN PERILAKU PENGGUNAAN INTERNET SEBAGAI MEDIA PENCARIAN INFORMASI OBAT SELAMA PANDEMI COVID-19 PADA MASYARAKAT DI KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
DIKA NURHAFIZHA-22010317140032-KTI-ABSTRAK.pdf

Download (30kB)

Abstract

Latar Belakang: Penggunaan internet sebagai media pencarian informasi obat kian meningkat selama pandemi COVID-19. Hal ini tidak selalu memberikan dampak positif karena tidak semua informasi di internet adalah fakta sehingga pencarian informasi obat selama masa pandemi COVID-19 perlu kewaspadaan agar tidak terjebak dalam persepsi yang salah. Persepsi akan memengaruhi perilaku masyarakat setelah membaca informasi di internet.
Tujuan: Mengetahui persepsi, perilaku, dan hubungan persepsi dengan perilaku penggunaan internet sebagai media pencarian informasi obat selama pandemi pada masyarakat COVID-19 di Kota Semarang.
Metode: Penelitian observasional deskriptif dengan desain cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan snowball sampling pada 108 orang masyarakat Kota Semarang. Uji statistik yang digunakan yaitu uji chi-square.
Hasil: Persepsi masyarakat di Kota Semarang memiliki persepsi baik (44%), cukup (31%), dan kurang (26%). Perilaku masyarakat yang tergolong baik (44%), cukup (31%), dan kurang (26%). Terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi dan perilaku penggunaan internet sebagai media pencarian informasi obat selama pandemi COVID-19 pada Masyarakat di Kota Semarang (nilai p = 0,000).
Kesimpulan: Mayoritas responden memiliki perilaku dan persepsi yang baik. Terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi dengan perilaku penggunaan internet sebagai media pencarian informasi obat selama pandemi COVID-19 pada masyarakat di Kota Semarang

Kata kunci: Internet, Persepsi, Perilaku, COVID-19.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Internet, Persepsi, Perilaku, COVID-19.
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Pharmacy
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 04 Apr 2023 02:40
Last Modified: 04 Apr 2023 02:40
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12246

Actions (login required)

View Item View Item