Search for collections on Undip Repository

Narrative Review: Potensi Family Lamiaceae sebagai Tabir Surya

Maulia, Sinta and Saraswati, Indah and Wulandari, Fitri (2023) Narrative Review: Potensi Family Lamiaceae sebagai Tabir Surya. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (SINTA MAULIA-22010317130037-KTI-ABSTRAK)
SINTA MAULIA-22010317130037-KTI-ABSTRAK.pdf

Download (207kB)

Abstract

Latar Belakang: Paparan sinar UV yang berlebihan dapat menimbulkan kerusakan pada kulit. Pertahanan kulit kurang mampu melawan dampak negatif tersebut dikarena kulit akan mengalami perubahan komposisi dan struktur serta menimbulkan stress oksidatif pada kulit. Oleh karena itu, diperlukan perlindungan tambahan berupa tabir surya alami karena relatif aman. Family Lamiaceae banyak ditemukan di Indonesia dan beberapa spesiesnya telah diketahui memiliki potensi tabir surya. Namun, belum tersedia review yang secara khusus membahas dan menghimpun data terkait potensi tabir surya dari family Lamiaceae.

Tujuan: Mengetahui spesies dari family Lamiaceae yang
berpotensi sebagai tabir surya, senyawa yang bertanggung jawab, serta bentuk sediaannya sebagai tabir surya.

Metode: Penelitian ini adalah review artikel. Data didapatkan dari Google Scholar, Scopus, dan Proquest, Pubmed dan Science Direct. Artikel diseleksi berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi, kemudian diekstraksi dan direview.

Hasil: Sebanyak 14 spesies family Lamiaceae diketahui berpotensi sebagai tabir surya dilihat dari nilai SPF yang dihasilkan. Hasil pengujian tabir surya dipengaruhi oleh metode ekstraksi, jenis pelarut, konsentrasi pelarut dan ekstrak. Senyawa yang bertanggung jawab terhadap aktivitas tersebut yaitu flavonoid, tanin, fenolik, dan minyak atsiri. Ocimum basilicum, Linn. dan Teucrium polium L. dimanfaatkan sebagai tabir surya dalam bentuk sediaan krim dan nanogel.

Kesimpulan: Diketahui 14 spesies dari family Lamiaceae berpotensi sebagai tabir surya. Flavonoid, tanin, fenolik, dan minyak atsiri bertanggung jawab terhadap aktivitas tersebut. Bentuk sediaan tabir surya dari family ini berupa krim dan nanogel.

Kata kunci: Lamiaceae, tabir surya, potensi, sediaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Lamiaceae, tabir surya, potensi, sediaan
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Pharmacy
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 04 Apr 2023 02:24
Last Modified: 04 Apr 2023 02:24
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12244

Actions (login required)

View Item View Item