Search for collections on Undip Repository

Hubungan Tingkat Pengetahuan Dengan Perilaku Penggunaan Antibiotik di Masyarakat Kota Balikpapan

Yuniana, Mega Risma and Dianingati, Ragil Setia and Annisaa', Eva (2023) Hubungan Tingkat Pengetahuan Dengan Perilaku Penggunaan Antibiotik di Masyarakat Kota Balikpapan. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (Mega Risma Yuniana_22010317140034_KTI_Abstrak)
Mega Risma Yuniana_22010317140034_KTI_Abstrak.pdf

Download (8kB)

Abstract

Latar Belakang: Penyakit infeksi masih merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat yang penting bahkan mencapai lebih dari 13 juta kematian per tahun di negara berkembang. Penyakit yang disebabkan karena infeksi sangat beragam, diantaranya ISPA, pneumonia, dan tuberculosis. Prevalensi penyakit ISPA di Balikpapan mencapai 2,95%, pneumonia 1,39%, tuberculosis paru 0,24% kasus per 3.099 penduduk. Untuk mengobati penyakit infeksi tersebut membutuhkan antibiotik. Antibiotik yang digunakan dengan cara yang tidak tepat dapat mengakibatkan resistensi. Oleh karena itu, penggunaan antibiotik harus diperhatikan.
Tujuan: Mengetahui pengetahuan dan perilaku serta hubungan tingkat pengetahuan terhadap perilaku penggunaan antibiotik masyarakat Kota Balikpapan.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan desain cross-sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 130 orang dari masyarakat Kota Balikpapan. Uji statistik menggunakan Chi-square.
Hasil: Hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan masyarakat Balikpapan yang tergolong baik yaitu sebanyak 36%, cukup sebanyak 33%, serta kurang sebanyak 31%. Adapun perilaku masyarakat yang tergolong baik sebanyak 30%, cukup sebanyak 42%, dan kurang sebanyak 28%. Seluruh karakteristik sampel memiliki hubungan yang signifikan dengan tingkat pengetahuan (p<0,05). Terdapat hubungan signifikan antara tingkat pengetahuan dengan perilaku penggunaan antibiotik (p=0,000).
Kesimpulan: Masyarakat di Balikpapan sebanyak 36% telah memiliki pengetahuan yang baik mengenai antibiotik, sebanyak 30% masyarakat memiliki perilaku yang baik dalam menggunakan antibiotik, dan terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan dengan perilaku penggunaan antibiotik pada masyarakat di Balikpapan.
Kata kunci : Antibiotik, Pengetahuan, Perilaku.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Antibiotik, Pengetahuan, Perilaku.
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Pharmacy
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 03 Apr 2023 02:35
Last Modified: 03 Apr 2023 02:35
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12242

Actions (login required)

View Item View Item