Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN ANTARA TINGKAT STRES DAN LINGKAR PINGGANG TERHADAP CARBOHYDRATE CRAVING PADA REMAJA SMA PEREMPUAN

Rania, Uun and Ardiaria, Martha and Sandi Wijayanti, Hartanti and Nissa, Choirun and Tri Susilo, Mursid HUBUNGAN ANTARA TINGKAT STRES DAN LINGKAR PINGGANG TERHADAP CARBOHYDRATE CRAVING PADA REMAJA SMA PEREMPUAN. -. (Unpublished)

[img] Text
Abstrak-Uun Rania.pdf

Download (185kB)

Abstract

Latar Belakang : Carbohydrate craving adalah salah satu bentuk emotional eating yang ditandai dengan snacking sumber karbohidrat atau makanan manis di luar waktu makan utama saat sore atau malam hari. Stres dan obesitas terutama pada remaja perempuan dapat menyebabkan bentuk emotional eating ini.

Tujuan : Untuk mengetahui hubungan tingkat stres dan lingkar pinggang terhadap carbohydrate craving pada remaja SMA perempuan.

Metode : Jenis penelitian observasional dengan desain cross-sectional dengan responden sebanyak 47 remaja perempuan kelas X dan XI SMA N 2 Temanggung yang dipilih acak dengan teknik proportionate stratified random sampling. Data tingkat stres diperoleh dari kuesioner Educational Stress Scale for Adolescents (ESSA) dan Perceived Stress Scale (PSS-10). Data lingkar pinggang diukur menggunakan pita pengukur secara langsung. Data carbohydrate craving (snacking) diperoleh dari pengisian estimated food record selama 7 hari. Data dianalisis menggunakan uji asosiasi chi-square.

Hasil : Sebanyak 40,4% responden mengalami stres akademik berat (ESSA), 8,5% mengalami stres berat psikologis (PSS-10), 40,4% mengalami obesitas berdasarkan lingkar pinggang, serta separuh (51,1%) dari jumlah responden mengalami carbohydrate craving. Hasil uji menunjukkan ada hubungan antara tingkat stres akademik terhadap carbohydrate craving (p<0,001) namun tidak ada hubungan antara tingkat stres psikologis (p=0.609) serta lingkar pinggang (p=0.859) terhadap carbohydrate craving. Hasil ini menunjukkan hubungan positif antara tingkat stres akademik terhadap carbohydrate craving, yang artinya semakin tinggi tingkat stres akademik maka semakin berisiko mengalami carbohydrate craving.

Kesimpulan : Tingkat stres akademik berhubungan terhadap carbohydrate craving pada remaja SMA perempuan berkaitan dengan upaya untuk mengatasi stres untuk meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik. Tingkat stres psikologis dan lingkar pinggang tidak berhubungan terhadap carbohydrate craving.

Kata Kunci : Remaja perempuan, tingkat stres, lingkar pinggang, carbohydrate craving.

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 28 Mar 2023 06:20
Last Modified: 28 Mar 2023 06:20
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12215

Actions (login required)

View Item View Item