Search for collections on Undip Repository

Analisis Proksimat dan Antioksidan Substitusi Tepung Agar-Agar dengan Okra dan Kayu Manis sebagai Pangan Fungsional

Sofia Mahra, Arifa and Anjani, Gemala and Marfu'ah Kurniawati, Dewi and Nur Afifah, Diana Analisis Proksimat dan Antioksidan Substitusi Tepung Agar-Agar dengan Okra dan Kayu Manis sebagai Pangan Fungsional. -. (Unpublished)

[img] Text
Abstrak-Arifa Sofia Mahra.pdf

Download (36kB)

Abstract

Latar Belakang: Okra dan kayu manis mengandung senyawa antioksidan tinggi. Substitusi kedua bahan tersebut pada tepung agar-agar dapat bermanfaat bagi diabetes melitus melalui mekanisme penangkapan radikal bebas serta perlindungan dari stress oksidatif.

Tujuan: Menganalisis kadar proksimat (protein, lemak, karbohidrat, air, abu) dan aktivitas antioksidan variasi formulasi tepung agar-agar okra dan kayu manis.

Metode: Penelitian eksperimental dengan Rancangan Acak Lengkap. Terdapat 4 perlakuan berdasarkan perbandingan okra dan kayu manis, yaitu F0 (50:0), F1 (45:5), F2 (40:10), dan F3 (35:15). Dilakukan pengujian kadar protein (Kjeldahl), lemak (Soxhlet), karbohidrat (by difference), air dan abu (oven), serta aktivitas antioksidan (DPPH). Analisis data menggunakan One-Way ANOVA.

Hasil: Terdapat perbedaan yang nyata pada semua formulasi terhadap kandungan proksimat dan aktivitas antioksidan (p<0,05). Kadar protein dan air tertinggi adalah 10,13% dan 10,45% (F0). Kadar lemak dan karbohidrat tertinggi adalah 4,41% dan 70,58% (F3). Kadar abu tertinggi adalah 8,35% (F2). Aktivitas antioksidan tertinggi adalah 64,02 ppm (F3).

Simpulan: Komposisi okra yang semakin sedikit dan kayu manis yang semakin banyak menghasilkan formula dengan kadar protein dan air yang lebih rendah, namun lemak, karbohidrat, abu, dan aktivitas antioksidan yang lebih tinggi. Semua formula sampel sudah sesuai dengan syarat kadar air SNI.

Kata Kunci: Proksimat, Antioksidan, Agar-Agar, Okra, Kayu Manis

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 28 Mar 2023 06:14
Last Modified: 28 Mar 2023 06:14
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12214

Actions (login required)

View Item View Item