Search for collections on Undip Repository

Hubungan Ratio Neutrofil Limfosit (NLR) terhadap Self Esteem pada Pasien dengan Borderline Personality Disorder

Uminah, Uminah and Sarjana, Widodo and Muflihatunnaimah, Muflihatunnaimah and Wardani, Natalia Dewi (2023) Hubungan Ratio Neutrofil Limfosit (NLR) terhadap Self Esteem pada Pasien dengan Borderline Personality Disorder. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK-TESIS)
abstrak.pdf

Download (93kB)

Abstract

Latar belakang: Borderline Personality Disorder (BPD) salah satu gangguan kepribadian yang mempunyai gambaran self esteem rendah, emosi tidak stabil, penolakan yang tinggi dan reaktif pada stres interpersonal sehari-hari. Keterlibatan faktor inflamasi BPD telah banyak dilaporkan oleh banyak peneliti. NLR merupakan mediator inflamasi spesifik dalam respon imun adaptif yang dapat diperiksa melalui tes hematologi yang murah dan mudah. NLR diharapkan dapat digunakan sebagai penanda self esteem pada individu dengan BPD.
Metode: Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain cross sectional. Jumlah sampel 37 responden yang telah didiagnosis BPD dari beberapa RS di Semarang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner RSES dan pengambilan sampel darah untuk pemeriksaan NLR.
Hasil: dari 37 responden didapatkan 14 (37,8%) subjek memiliki self esteem rendah dan 23 (62,2%) subjek self esteem tinggi. Nilai Cut Off Point NLR yaitu 2,21. Subjek dengan NLR ≥ 2,21 yaitu 7 subjek (36,8%) mempunyai self esteem rendah dan 12 subjek (63,2%) mempunyai self esteem tinggi. Subjek dengan NLR ≤ 2,21 yaitu 7 subjek (38,9%) mempunyai self esteem rendah dan 11 subjek (61,1%) mempunyai self esteem tinggi. Tidak terdapat hubungan yang bermakna karena nilai p 1,000 dan Risk Prevelence 0,92 (95% CI).
Diskusi: Pada individu BPD gambaran NLR yang didapatkan tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan. Dari hasil analisis data tidak didapatkan hubungan yang signifikan antara NLR dengan self esteem pada individu BPD.
Kesimpulan: NLR tidak dapat digunakan sebagai penanda tinggi atau rendahnya self esteem pada individu dengan BPD.

Kata kunci: NLR, self esteem, Borderline Personality Disorder (BPD)

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: NLR, self esteem, Borderline Personality Disorder (BPD)
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Master Program of Specialist Medical
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 28 Mar 2023 06:20
Last Modified: 28 Mar 2023 06:20
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12206

Actions (login required)

View Item View Item