Search for collections on Undip Repository

FAKTOR RISIKO KEJADIAN GANGGUAN PENCIUMAN DAN PENGECAPAN PADA PENDERITA COVID-19 DI KOTA SEMARANG

Asthika, Ismiar and Farokah, Farokah and Mailasari, Anna (2022) FAKTOR RISIKO KEJADIAN GANGGUAN PENCIUMAN DAN PENGECAPAN PADA PENDERITA COVID-19 DI KOTA SEMARANG. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK-TESIS)
abstrak.pdf

Download (30kB)

Abstract

Latar Belakang: COVID-19 dapat mengakibatkan gangguan penciuman dan pengecapan akibat ekspresi Angiotensin Converting Enzyme 2 (ACE2) pada traktus olfaktorius dan taste bud yang dipengaruhi oleh jenis kelamin, usia, komorbid dan derajat COVID-19.
Tujuan: Mengetahui usia, jenis kelamin, komorbid dan derajat infeksi COVID-19 sebagai faktor risiko gangguan penciuman dan pengecapan pada penderita COVID-19 di Kota Semarang
Metode: Penelitian observasional dengan metode belah lintang. Subjek penelitian adalah penderita COVID-19 usia >10 tahun dengan derajat ringan sedang yang isolasi mandiri dan terdata di Dinas Kesehatan Kota Semarang pada bulan Juni-Juli 2021. Pengambilan sampel dengan purposive sampling menggunakan data sekunder. Uji analisis bivariat dengan Chi square atau Fisher exact, uji analisis multivariat dengan regresi logistik.
Hasil: Penelitian pada 4337 penderita COVID-19 didapatkan gangguan penciuman 2% dan gangguan pengecapan 0.5%. Prevalensi COVID-19 lebih banyak pada perempuan 50.5% dan usia dewasa (20-60 tahun) 82.5%. Faktor risiko jenis kelamin, usia dan derajat COVID-19 tidak bermakna terhadap gangguan penciuman dan atau pengecapan pada pasien COVID-19 (p<0.05). Faktor risiko komorbid gangguan hati kronis hanya bermakna terhadap gangguan penciuman (p 0.04, rasio prevalensi 48.828).
Kesimpulan: Komorbid gangguan hati kronis merupakan faktor risiko gangguan penciuman, namun usia, jenis kelamin dan komorbid lainnya bukan merupakan faktor risiko gangguan penciuman dan atau pengecapan pada penderita COVID-19 di Kota semarang.
Kata Kunci: gangguan penciuman, pengecapan, COVID-19

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: gangguan penciuman, pengecapan, COVID-19
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Master Program of Specialist Medical
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 28 Mar 2023 03:29
Last Modified: 28 Mar 2023 03:29
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12204

Actions (login required)

View Item View Item